JawaPos Radar

Kawasan TAA Dipreyeksi Tunjang Pertumbuhan Industri Sumsel

02/08/2018, 21:55 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Kawasan TAA Dipreyeksi Tunjang Pertumbuhan Industri Sumsel
(Teks foto: Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat menghadiri Indonesian Economic Forum ()
Share this

JawaPos.com - Rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) dan Tanjung Carat sangat ditunggu para pengusaha. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut diprediksi mampu menunjang pertumbuhan industri di Sumsel.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel, Akbar Alfaro mengatakan kawasan spesial ekonomi ini sangat membantu dunia usaha di Sumsel. Sebab, kawasan ini akan menjadi portal distribusi barang dari Sumsel ke luar negeri.

"Dampaknya tentu akan meningkatkan produktifitas baik di TAA maupun disekitarannya," katanya disela seminar Indonesia Economic Forum di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (2/8).

Menurutnya, dengan adanya KEK TAA ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi mencapai 30 persen. Tinggal, bagaimana pelaku usaha mampu mengambil peluang tersebut.

Ia menerangkan KEK TAA ini nantinya tidak hanya diisi oleh perusahaan multinasional tetapi juga akan ada kawasan sentra UMKM lokal. Hal ini tujuannya untuk memecahkan permasalahan pemasaran produk UMKM yang belum terkoneksi.

"Nantinya juga akan diberikan fasilitas seperti tax holiday, jadi tentunya sangat baik," terangnya.

Selain adanya KEK TAA, ia juga menilai pembangunan infrastruktur yang digencarkan pemerintah saat ini juga berperan dalam mendorong dunia usaha di Sumsel. Terlebih lagi dengan adanya even olahraga internasional tentunya sangat berimbah pada industri UMKM di Sumsel.

"Dampaknya ini sangat signifikan seperti pempek itu penjualannya bisa mencapai 6-8 ton per hari," singkatnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin berharap para pelaku usaha dapat memanfaatkan segala momen untuk ajang promosi terhadap produk usaha yang dihasilkan.

"Dengan upaya yang dilakukan ini kami yakin investor luar negeri menilai Sumsel merupakan daerah yang layak untuk berinvestasi. Selain itu, kami juga terus mengenalkan potensi daerah agar lebih tertarik terhadap Sumsel," singkatnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up