JawaPos Radar

Ruas Jalan Bunderan HI Tersendat

Melihat Keakraban Jokowi-Anies saat Meninjau Pelican Crossing

02/08/2018, 21:19 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Melihat Keakraban Jokowi-Anies saat Meninjau Pelican Crossing
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ruas Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat menjadi tersendat pada sore hari, Kamis (2/8). Pelican crossing yang baru saja dipasang sebagai pengganti jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran Hotel Indonesia (HI) selalu ramai dilalui para pejalan kaki sehingga kendaraan bermotor pun mengalami antrean.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan melintas langsung di pelican crossing yang baru beroperasi tiga hari belakangan itu. Dia didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, ketiganya datang dari arah Bundaran HI menuju Jalan MH Thamrin. Mereka berjalan kaki menelusuri trotoar yang juga baru rampung dilakukan penataan.

Melihat Keakraban Jokowi-Anies saat Meninjau Pelican Crossing
Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Ketika sampai di pelican crossing, mereka berpapasan dengan warga yang juga ingin menyeberang. Terlihat para petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sibuk mengatur lalu lintas yang mulai tersendat.

Meski tersendat, motor, mobil, hingga bus Transjakarta dan metromini perlahan-lahan dapat melintasi ruas jalan tersebut. Pelican crossing berwarna hijau selama 13 detik pun dimanfaatkan mereka untuk menyeberang.

Warga yang berada di sekitar kawasan perkantoran itu teralihkan pandangannya kepada orang nomor satu di Indonesia itu. Kemudian, jalanan sekitar menjadi ramai pejalan kaki dan meminta foto bersama Jokowi.

Sambil berbincang, ketiganya kedatangan seseorang yang menggunakan kursi roda. Rupanya, dia adalah ibunda Anies, yakni Aliyah Rasyid yang menghampiri mereka.

Melihat hal tersebut, Jokowi mengaku sepakat dengan keputusan Anies yang membongkar JPO dan memasang pelican crossing. Pasalnya, Jalan MH Thamrin kini lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

Selain itu, tujuan untuk menghadirkan estetika kota juga terwujud. Saat ini, masyarakat, wisatawan serta atlet Asian Games 2018 nantinya dapat melihat jelas Monumen Selamat Datang di Bundaran HI yang dahulu terhalang JPO.

“Bagus-bagus artinya sebetulnya fasilitas pelican crossing ini kan memudahkan masyarakat agar untuk tidak usah naik tinggi-tinggi yang pertama. Yang kedua dilihat dari sisi estetika JPO itu kalau di sini ya secara estetika ganggu. Kalau nggak ada waah.. lebih cantik, lebih indah,” ujar Jokowi di lokasi.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up