JawaPos Radar

Wow, Warga Malang Beli Pesawat Jenis AFJ untuk Besi Tua

02/08/2018, 19:42 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pesawat Bekas
PESAWAT BEKAS: Sebuah pesawat AFJ bekas yang berada di jalan Oro-oro Ombo, Kota Batu saat dibongkar oleh pembelinya.  (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebuah pesawat AFJ bekas yang berada di Jalan Oro-oro Ombo, Kota Batu akhirnya dibeli oleh seorang warga Sawojajar, Kota Malang, bernama Lutfi Bayumi. Pesawat itu sebelumnya terparkir di tanah kosong yang berada di depan SDN Oro-Oro Ombo 2, Kota Batu. 

Lutfi mengatakan, dirinya mengetahui info dijualnya pesawat itu dari temannya. "Pertama kali dikasih tau teman. Memang pingin beli," ujarnya pada JawaPos.com, Kamis (2/8). Namun, ketika ditanya berapa harga pesawat tersebut, Lutfi enggan menjawab. 

Sebelumnya, pesawat bekas tersebut sudah pernah diiklankan di salah satu platform belanja online, OLX. Disana disebutkan jika pesawat itu dijual dengan harga Rp 125 juta. Iklan tersebut dipasang oleh seseorang bernama Dwi Putra pada 24 Maret lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JawaPos.com, pesawat tersebut diketahui milik Taman Kanak-Kanan (TK) Al Falah, Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Namun, karena tidak mempunyai lahan yang cukup untuk menampung pesawat tersebut, akhirnya dijual.

Lutfi mengatakan, rencananya pesawat tersebut akan dijual secara terpisah kepada pabrik yang membutuhkan. "Rencana dijual. Harganya masih menunggu hasil dari (nego) pembelian pabrik," kata dia. Untuk saat ini, pihaknya masih membongkar pesawat dengan warna perpaduan biru dan silver itu. Selanjutnya akan diangkut dengan kontainer.

Lutfi sendiri merupakan seorang penjual besi-besi tua. Dia memiliki toko besi bernama CV Barokah 3, yang berada di jalan Simpang Danau Kerinci, Sawojajar, Kota Malang. Dia pun mengaku baru pertama kali ini membeli pesawat bekas. 

Dia memperkirakan, pesawat tersebut memiliki berat kisaran 50 ton. Nantinya, Lutfi akan menjual potongan pesawat itu secara kiloan. Biasanya, dirinya menjual besi-besi ke pabrik seharga Rp 5 ribu per kilogramnya. 

"Sebelumnya belum pernah jual kiloan besi pesawat. Tergantung nanti pabrik mana (yang memberi harga) lebih tinggi," kata dia.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up