JawaPos Radar

Mantan Napi, Bacaleg Partai Berkarya Mundur

02/08/2018, 18:14 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Mantan Napi, Bacaleg Partai Berkarya Mundur
()
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) menerima pengunduran diri dari seorang bakal calon legislatif (bacaleg). Sang calon berasal dari Partai Berkarya, dan terindikasi sebagai mantan narapidana kasus korupsi.

"Yang sudah diganti dari Partai Berkarya, maju dari dapil Sidoarjo. Jadi tinggal satu bacaleg yang masih kami duga (mantan napi korupsi)," kata Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto kepada JawPos.com di Surabaya, Kamis (2/8).

Sementara untuk satu bacaleg lainnya, hingga batas akhir masa perbaikan masih tetap bertahan. KPU akan melakukan klarifikasi dan verifikasi terhadap surat keterangan yang dikeluarkan pihak pengadilan.

Klarifikasi akan dilakukan ke Pengadilan Negeri Surabaya pada Senin (6/8) mendatang. Karena bacaleg yang terindikasi mantan napi korupsi itu berdomisili di Surabaya.

"Insya Allah, Senin kami akan klarifikasi dan verifikasi ke PN Surabaya. Karena ada surat yang menerangkan yang bersangkutan dinyatakan bebas dari kasus korupsi," terangnya.

Arbayanto menambahkan, proses klarifikasi dan verifikasi penting dilakukan. Karena berdasarkan berbagai rekam jejak pemberitaan, bacaleg tersebut pernah terlibat dalam korupsi dan sudah menjalani vonis.

"Kami tidak berani memutuskan dulu. Kami khawatir masyarakat tidak mengikuti secara betul kasus tersebut. Kami kan tidak tahu barang kali yang bersangkutan melakukan upaya hukum banding atau kasasi dan ternyata putusannya bebas," pungkas Arbayanto.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up