JawaPos Radar

Bayi Dibuang di Bojonegoro, 10 Orang Siap Mengadopsi

02/08/2018, 17:39 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bayi dibuang
Bayi mungil yang dibuang orang tuanya sedang dirawat oleh Kader Kesehatan. (Yudi Handoyo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bayi perempuan ditemukan di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim). Kini, sang jabang bayi masih dirawat Kader Kesehatan Puskesmas di desa setempat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Helmy Elisabeth mengatakan, bayi yang ditemukan tersebut belum bisa diadopsi. Karena masih dalam proses kelengkapan data. Surat akan diterbitkan Pelayanan Sosial Asuhan Balita (PSAB) Sidoarjo, milik Dinas Sosial Jatim.

"Peristiwa pembuangan bayi ini masuk dalam kategori anak terlantar. Karena tidak ada orang tua yang mengakui. Maka jika surat tersebut belum terbit, siapa pun tidak diperbolehkan mengadopsi," kata Helmy, Kamis (2/8).

Saat mengadopsi, calon orang tua asuh juga harus melakukan permohonan kepada PSAB. Setelah ada permohonan, biasanya petugas akan melakukan survei. Sehingga bayi dipastikan tidak ditelantarkan kembali dan mendapat perawatan yang memadai.

"Kemungkinan dua sampai tiga hari lagi baru keluar surat-suratnya. Sehingga baru bisa diadopsi setelah ada suratnya lengkap. Bagi yang mau mengadopsi juga harus siap untuk melakukan permohonan," terang Helmy.

Sejak bayi ditemukan, sudah ada 10 orang lebih yang menawarkan diri untuk mengadopsi. Bayi perempuan seberat 2,9 kilogram dan panjang 49 sentimeter itu memang terlihat sangat cantik. Saat digedong, wajahnya terlihat merah merona dan lembut.

Untuk sementara waktu, bayi mungil dirawat Kader Kesehatan Desa Banjarsari, Dwi Nurul Hidayati. Ibu satu anak itu mengaku bersedia merawat bayi tersebut. "Anak saya sudah besar. Saya bersedia merawat baik bayi perempuan yang dibuang orang tuanya ini dengan baik," tuturnya.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up