JawaPos Radar

Harga Ayam Sudah Mulai Stabil Tetapi Belum Normal

02/08/2018, 18:30 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Harga Ayam Potong
HARGA AYAM: Sejumlah pekerja tengah memindahkan ayam untuk ditimbang di Pasar Ayam Semanggi, Solo, Kamis (2/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Harga ayam potong di Kota Solo berangsur stabil. Setelah sempat mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 27 ribu per ekor dalam kondisi hidup, untuk saat ini harga ayam sudah turun menjadi Rp 23 ribu. Meski begitu, menurut pedagang harga ini masih di atas harga normalnya yang berada di kisaran Rp 22 ribu per ekornya. 

"Harga mulai turun sejak Senin. Sampai sekarang turun terus, Minggu itu harganya masih tinggi di angka Rp 27 ribu per ekor, sekarang sudah stabil tapi belum normal," ungkap pedagang ayam di Pasar Semanggi, Dwi, 45, kepada JawaPos.com, Kamis (2/8).

Dwi yang sudah berjualan ayam lebih kurang 20 tahun itu menambahkan, kenaikan harga ayam terjadi mulai dari peternaknya. 

Sehingga, mau tidak mau dirinya pun menaikkan harga karena tidak ingin merugi. Minimnya pasokan, dan kenaikan harga pakan disinyalir menjadi penyebab utama harga ayam sempat mencapai Rp 27 ribu. Dan setelah semuanya normal harga ayam mulai stabil.

"Kalau saya menaikkan harga itu, karena dari PT (peternak) juga sudah tinggi. Kalau tidak saya naikkan ya saya rugi," ungkapnya. 

Saat pasokan ayam sulit, Dwi pun sempat mengurangi pasokan ayamnya. Biasanya dalam sehari Dwi memasok ayam hingga dua ton.

Sementara itu, Lurah Pasar Semanggi, Sunyata mengungkapkan, kenaikan harga ayam di pasaran bisa juga disebabkan karena banyak pedagang yang harus mengambil pasokan ayam dari luar Jawa Tengah (Jateng), seperti dari Jawa Timur (Jatim). Kondisi inilah yang menurutnya turut membuat harga ayam semakin tinggi. 

"Dulu kan sempat pasokan ayam dari Jateng sulit, sehingga pedagang mengambil dari daerah lain seperti dari Jatim. Jadi harga juga semakin tinggi," terangnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up