JawaPos Radar

PM Selandia Baru Jacinda Ardern Kembali Kerja Usai Cuti Hamil

02/08/2018, 18:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
jacinda ardern kembali kerja
Ardern, 38 tahun, melahirkan anak pertamanya pada Juni lalu membuatnya menjadi pemimpin dunia kedua yang melahirkan manjalani jabatannya sebagai pemimpin (BBC)
Share this

JawaPos.com - Setelah melahirkan anak pertamanya, Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern telah kembali bekerja setelah menghabiskan waktu selama enam minggu untuk cuti hamil.

Ardern, 38 tahun, melahirkan anak pertamanya pada Juni lalu membuatnya menjadi pemimpin dunia kedua yang melahirkan manjalani jabatannya sebagai pemimpin. Melalui Facebook-nya, Ardern merekam video menguraikan mengenai kegiatan apa saja yang akan dia lakukan di minggu pertama kembali bekerja.

Selama cutinya, Ardern telah mengalihkan tugasnya kepada deputinya, Winston Peters. "Saya akan fokus untuk langsung kembali ke dalamnya," kata Ardern dalam video live Facebook-nya seperti dilansir BBC.

Dia melahirkan buah hati pertamanya Neve Gayford pada 21 Juni lalu setelah melewati empat hari tanggal yang diperkirakan. Ardern terus membaca surat-surat kabinet, ia juga terus diajak diskusi mengenai masalah-masalah penting selama ini.

Ardern terpilih sebagai PM Selandia Baru pada Oktober tahun lalu dan mengumumkan kabar bahagia karena dirinya tengah mengandung anak dari pasangannya Clarke Gayford pada Januari lalu.

"Saya bukan wanita pertama yang melakukan banyak tugas. Saya bukan perempuan pertama yang bekerja dan punya bayi, ada banyak perempuan yang menjalani ini sebelumnya," katanya saat itu.

Ardern tercatat sebagai PM termuda di Selandia baru sejak 1856. Sebelum Ardern, Pada 1990 almarhum Benazir Bhutto melahirkan seorang anak perempuan ketika menjabat sebagai PM Pakistan. Saat itu Benazir menjadi pemimpin perempuan pertama yang terpilih.

(ina/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up