JawaPos Radar

Mengenal Aldila Sutjiadi, Atlet Tenis Unggulan yang Hobi Travelling

14/07/2018, 16:56 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Aldila Sutjiadi
Aldila Sutjiadi (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Nama Aldila Sutjiadi mungkin sudah tidak asing lagi di dunia olah raga, terlebih di cabang tenis. Perempuan 23 tahun itu merupakan salah satu petenis unggulan Indonesia yang akan bertanding di Asian Games mendatang.

Kemampuan dara manis yang akrab disapa Dila ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dila baru saja memenangi PT PP Womens Circuit International Tennis ( WCIT) 2018 yang digelar di lapangan tenis, Manahan, Solo. 

Kemenangan Dila ini tentunya tidak didapatkan begitu saja. Sebelumnya, Dila harus menyisihkan lawan-lawannya dari berbagai negara. Potensi Dila dalam olah raga tenis memang sudah terasah sejak kecil.

Aldila Sutjiadi
JUARA: Aldila Sutjiadi (kanan) bersama petenis Tiongkok, Zhima Du (kiri) saat menerima piala usai pertandingan, Sabtu (14/7). (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Saat berusia lima tahun, gadis yang lahir pada 2 Mei 1995 itu sudah mulai berlatih tenis. Kecintaannya terhadap tenis karena orang tuanya. Dahulu, ayahnya Indriatno Sutjiadi dan juga kakeknya juga sangat gemar dengan olah raga yang terbilang berat tersebut. 

Dari situlah, perempuan yang baru saja meraih gelar sarjana dari salah satu Universitas di Amerika itu muncul kecintaan terhadap tenis. Keinginan Dila pun mendapat dukungan penuh dari sang ayah.

Indriatno kemudian memasukkan Dila ke salah satu sekolah tenis. Kemudian pada usia 9 tahun, Dila sudah mulai terjun di kejuaraan tenis. "Kalau sekarang sudah banyak kejuaraan yang saya ikuti. Mulai dari kejuaraan tingkat nasional sampai internasional sudah ikut," kata petenis dengan ranking 751 dunia tersebut. 

Dengan banyaknya kejuaraan tingkat internasional tentunya membuat Dila sering berkeliling ke berbagai negara. Seperti di Thailand, Amerika, Singapura, Tiongkok dan juga negara lainnya. Dan ternyata, hal ini menjadi salah satu yang disukai oleh putra bungsu pasangan Indriatno dan Herawati tersebut.

"Yang membuat saya suka tenis itu karena ini masuk olah raga berat dan jarang orang yang suka. Selain itu, saya juga bisa traveling kalau lagi bertanding," ungkapnya. 

Menurutnya, di belahan dunia ini ternyata masih banyak lokasi-lokasi menarik yang patut untuk dikunjungi. Maka dari itu, sembari bertanding di berbagai kejuaraan, kesempatan tersebut juga digunakannya untuk menjelajah berbagai wilayah di dunia.

"Kadang saat bertanding kan di kota kecil, yang itu justru belum banyak dikunjungi," katanya. Ditanya mengenai targetnya sendiri, Dila mengatakan bahwa dirinya ingin bermain di grand slam. Tetapi, keinginan tersebut tentunya masih butuh waktu lama. Untuk saat ini dirinya akan bekerja keras untuk terus memperbaiki ranking dunianya. 

"Kalau tahun ini saya menargetkan bisa tembus 600 dunia dulu," ucap perempuan berparas manis tersebut.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up