JawaPos Radar

PKB Resmi Beri Dukungan, Jokowi: Nama Cak Imin Ada di Saku Saya

14/07/2018, 15:30 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
PKB Resmi Beri Dukungan, Jokowi: Nama Cak Imin Ada di Saku Saya
Presiden Joko Widodo (Jokowi), Muhaimin Iskandar, dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding di Palembang, Sabtu (14/7). Di Palembang, Muhaimin Iskandar mengumumkan telah mendukung Jokowi di Pilpres 2019 (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Teka teki Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mendukung siapa pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019 terjawab sudah. Di Palembang, secara resmi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan telah mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dua periode.

Menurut Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin, sebenarnya kebersamaan PKB dari 2014 sampai saat ini tidak pernah berubah. PKB konsisten mendukung pemerintahan Jokowi.

"Sebenarnya, kebersamaan PKB dengan Pak Jokowi tidak berubah sama sekali. Bahkan, terus bersama menopang untuk mendukung pemerintahan hari ini," kata Cak Imin di Palembang, Sabtu (14/7).

PKB Resmi Beri Dukungan, Jokowi: Nama Cak Imin Ada di Saku Saya
Survei LSI Denny JA juga menyebutkan ada 3 nama cawapres ideal Jokowi agar kuat di Parlemen yaitu Muhaimin Iskandar, Romahurmuzy dan Airlangga Hartanto, Selasa (10/7) (DERY RIDWANSAH/JAWA POS)

Cak Imin menambahkan, banyak pertanyaan kapan PKB bakal mendukung secara resmi ke Jokowi di Pilpres 2019. Cak Imin dengan lantang saat ini PKB resmi memberikan dukungan.

"Kalau ada pertanyaan kapan PKB menyatakan resmi dukungan setiap saat bisa. Dan hari ini, di depan teman-teman, di depan Pak Jokowi, ada sekjen PKB kebetulan, saya nyatakan bismillahirahmanhirahim PKB mendukung pencalonan Pak Jokowi di 2019," tegasnya.

Dukungan PKB ke Jokowi diharapkan Wakil Ketua MPR itu bis‎a menjadi kemakmuran bagi masyarakat Indonesia ke depan. Itulah kenapa, secara realistis PKB memberikan dukungan kepada Jokowi agar bisa dua periode.

‎"Tentu dengan harapan pemerintahan hari ini dan periode ke depan benar-benar manghasilkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat bangsa Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Cak Imin juga optimis namanya masuk dalam lima daftar cawapres yang sudah dikantongi oleh Jokowi."Menyangkut cawapres, tentu saya menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Presiden beserta koalisi nanti. Yang pasti, para kiai, nahdliyin mendukung semua. Saya optimis nama saya ada di saku Pak Jokowi‎," tuturnya.

Terpisah, Jokowi pun meladeni apa yang disampaikan oleh Cak Imin tersebut. Kata dia, Cak Imin masuk dalam daftar lima cawapres yang sudah ia pegang. "Saya sudah sampaikan nama itu sudah ada di saku saya, sudah ada di saku saya, salah satu nama itu adalah Pak Muhaimin Iskandar," kata Jokowi.

‎Dengan dukungan PKB dan nama Cak Imin menjadi kandidat cawapres Jokowi. Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Jazilul Fawaid maka posko JOIN (Jokowi-Muhaimin) pun bakal langsung bergerak. Melakukan sosialisasi pasangan tersebut ke masyarakat.

"Semua posko JOIN sudah syukuran, dan mengucap Alhamdulillah, para kiai juga merespons itu. Jadi JOIN sudah bisa bergerak," ungkapnya.

Dengan dukungan PKB ke Jokowi ini juga mematahkan terbentuknya poros ketiga yang terus digagas oleh Partai Demokrat. Saat ini sudah ada sudah ada delapan partai politik yang mendukung Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. Mereka diantaranya PDIP, Golkar, PPP, Nasdem, PKPI, PSI dan PKB.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up