JawaPos Radar

Tak Takut Dibully, JFlow Buat Lagu Bahasa Inggris untuk Asian Games

14/07/2018, 07:07 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Tak Takut Dibully, JFlow Buat Lagu Bahasa Inggris untuk Asian Games
Album Asian Games 2018 bertajuk 'Energy of Asia' resmi diluncurkan, Jumat (13/7) di Gelora Bung Karno, Jakarta (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Rapper Joshua Matulessy atau lebih dikenal JFlow adalah salah satu musisi Indonesia yang mengisi Official Song Asian Games 2018. Selain dipercaya untuk menyanyikan lagu, dia pun dipercaya sebagai pencipta lagu yang akan dibawakan musisi lainnya di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

JFlow ciptakan dua lagu khusus dalam event tersebut. Lewat dua lagunya 'Unbeatable' dan 'Dance Tonight', JFlow sengaja menulis liriknya full berbahasa inggris.

Bukan tanpa alasan, menurutnya, dia menulis dalam bahasa Inggris bertujuan agar orang-orang mancanegara mudah memahami pesan yang ingin dia sampaikan. Sebagai antisipasi, dia bahkan sudah siap jika netizen akan bersikap nyinyir terhadap karyanya.

"Saya ambil keputusan beresiko banget nih, komentar-komentar julid pasti ada. Kenapa saya nggak pakai bahasa ibu dan sebagainya, saya nggak bangga sama bahasa Indo lah, jadi saya nggak akan terpengaruh sama komen netizen, karena niat saya buat memperkenalkan Indonesia lewat lagu yang mudah dipahami mereka," papar Jflow saat ditemui di kawasan GBK, Jakarta, Jumat (13/7).

Jflow mengaku bangga dapat ikut menyemarakkan dan memberi semangat kepada para atlet yang akan berjuang dalam pesta olahraga terbesar se-Asia ini. Dia mengaku mendedikasikan lagu 'Dance Tonight' untuk para atlet perempuan yang akan bertanding dalam olahraga tersebut.

"Saya kemudian telepon Dira Sugandi dan jadi lah lagu 'Unbeatable'. Sedangkan Lagu kedua, 'Dance Tonight' itu saya tulis liriknya khusus buat atlet perempuan yang berjuang," paparnya.

Menurutnya, atlet perempuan itu pada dasarnya sama seperti perempuan pada umumnya. Tak hanya ingin dipuji dari prestasinya di bidang olahraga, tapi juga ingin dipuji cantik.

"Ada satu hal yang orang-orang lupa, atlet perempuan itu juga perempuan biasa. Mereka nggak cuma butuh dipuji untuk prestasinya di lapangan, tapi pengen juga dibilang cantik," jelasnya.

Jflow lagi-lagi optimis pada lagunya. Meski keputusannya cukup berisiko, dia yakin sebagian lain akan apresiasi lagunya.

"Saya tahu risikonya. Sebagai musisi di Indonesia, menulis full lagu bahasa Inggris itu, maha benar netizen dengan segala komentarnya pasti akan menyerang. Tapi saya punya visi yang jelas, saya pengen dunia tahu bangsa ini keren banget. Dan cuma dengan bahasa Inggris saya bisa translate (menyampaikan) itu, paling gampang," pungkasnya.

Selain JFlow, beberapa musisi kenamaan Indonesia juga ikut menyemarakkan Asian Games 2018. Beberapa penyanyi lainnya seperti Ryan D'masiv, Rama D'masiv, Once Michael, Rizal Armada, Shakira Jasmine, Via Vallen, hingga BCL turut serta dalam album official song Asian Games 2018.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up