JawaPos Radar

Industri Garmen dan Sepatu Minta Dukungan Pemerintah Merelokasi Pabrik

14/07/2018, 03:27 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Industri Garmen dan Sepatu Minta Dukungan Pemerintah Merelokasi Pabrik
Karyawan pabrik garmen (Dok. JPNN / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengakui adanya sejumlah industri yang meminta dukungan pemerintah untuk melakukan relokasi.Pelaku iIndustri tersebut berasal dari sektor tekstil serta garmen.

"Banyak hal, termasuk soal mendukung relokasi industri yang banyak dilakukan oleh industri tekstil garmen maupun sepatu dari daerah yang UMP/UMK tinggi ke rendah," ujarnya di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/7).

"Menperin (Airlangga) mengusulkan, dukungan mempermudah relokasi itu dan ada beberapa hal lain. Rinciannya nanti saja," tambahnya.

Darmin menjelaskan, permintaan dukungan yang diajukan oleh para pelaku industri tersebut tidak dalam bentuk perizinan. Mereka hanya meminta pemerintah mempermudah proses pengajuan izin relokasi.

Sayang, tidak dijelaskan detil apa penyebab para industri itu melakukan relokasi. Selain itu, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut juga tidak merinci lokasi mana yang menjadi tempat hijrah mereka. 

"Saya dah bilang, saya engga usah sebut daerah. Yang jelas UMP nya lebih mahal ke daerah ump lebih mahal. You tebak aja," tandasnya. 

 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up