JawaPos Radar

Dinilai Loyal, Jenderal Ryamizard Ryacudu Layak Dampingi Jokowi

13/07/2018, 22:43 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Dinilai Loyal, Jenderal Ryamizard Ryacudu Layak Dampingi Jokowi
()
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah nama dikaitkan masuk bursa calon wakil presiden untuk mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019 nanti. Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto mengatakan, ada satu nama yang luput dari pengamatan elite politik dan pengamat.

Hari mengatakan, Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu adalah sosok mumpuni yang terlupakan itu. Padahal, menurutnya, semua kalangan dekat dengan Ryamizard. Baik tingkat atas, menengah, maupun bawah.

"Sangat disegani oleh angkatan bersenjata negara tetangga maupun kalangan internasional. Kalangan agama pun memiliki komunikasi baik secara langsung dengan Jenderal Ryamizard Ryacudu," kata Hari dalam keterangan tertulis, Jumat (13/7).

Jokowi, menurut Hari, membutuhkan pendamping yang sangat loyal. Sosok Ryamizard dinilainya telah mumpuni. Hari menceritakan, saat terjadi gesekan elite nasional pada masa Presiden Gus Dur, Ryamizard yang menjabat Pangdam Jaya mengancam siapa saja yang akan mengganggu keamanan di wilayahnya.

Saat terjadinya aksi 411 dan 212, dia juga mengimbau semua pimpinan Islam agar melakukan aksi damai dan tidak makar terhadap pemimpin negara. "Itulah sikap loyalitasnya kepada Presiden Jokowi," lanjut Hari.

Dia menambahkan, rasa cinta Ryamizard kepada negara dan bangsa juga tidak perlu diragukan. Gerakan Bela Negara yang dipelopori Ryamizard jadi bukti tak terbantahkan.

"Awalnya dicibir oleh banyak kalangan, termasuk di parlemen. Meski begitu, Ryamizard tidak peduli. Dia tetap maju terus walau tidak banyak yang mendukung. Setelah beberapa bulan, konsep Bela Negara ini justru dipakai oleh banyak kalangan, baik militer maupun rakyat sipil," ujarnya

Dia berharap Jokowi dapat mempertimbangkan alasan-alasan tersebut untuk meminang Ryamizard Ryacudu sebagai mendampingi di periode kedua pemerintahan.

(yuz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up