JawaPos Radar

SMA Negeri Kekurangan Siswa, Pemprov Jateng Carikan Solusi

13/07/2018, 19:43 WIB | Editor: Budi Warsito
SMA Negeri Kekurangan Siswa, Pemprov Jateng Carikan Solusi
Pendaftaran PPDB Online di SMUA di Jawa Tengah. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) bakal mencarikan solusi mengenai masalah kekurangan murid atau peserta didik yang dialami sejumlah SMA Negeri pasca masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Beberapa usulan yang muncul, masih dikaji hingga saat ini.

"Masih mencarikan solusi, termasuk kemungkinan apakah akan dibuka pendaftaran gelombang kedua. Akan tetapi, hal itu perlu dikaji terkait dampak yang ditimbulkan," ucap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat dijumpai di komplek Gubernuran, Semarang, Jumat (13/7).

Sebagai informasi, menurut data yang dibeberkan Ganjar sehari sebelum pengumuman penerimaan peserta didik atau pada Rabu (11/7) lalu, terdapat sisa 233 kursi pada kuota total penerimaan siswa-siswi SMA Negeri di Jateng.

Total pendaftar SMA negeri pada PPDB 2018 diketahui yakni sebanyak 113.092 orang. Padahal, jumlah kuota yang disiapkan hanyalah untuk 113.325 kursi.

Meski demikian, Ganjar menyebut bahwa, kekurangan siswa ini bukan dikarenakan banyaknya peserta didik yang mendaftar dengan menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

"Yang kurang itu ada, tapi tidak dikarenakan SKTM, pendaftarannya dari awal memang kurang. Yang diterima menggunakan SKTM memang banyak dari SMK yang mencapai 44,68 persen dan SMA 23,3 persen dari jumlah daya tampung," jelasnya.

Sementara untuk situasi kekurangan murid tidak terjadi pada SMK Negeri. Malahan, jumlah pendaftar diketahui melebihi, yakni 108.459 dari total kuota 98.486 yang disediakan atau ada kelebihan 9.973 pendaftar.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up