JawaPos Radar

Proyek 6 Ruas Tol Dilanjutkan, Anies: Ini Keputusan Pemerintah Pusat

14/07/2018, 05:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Proyek 6 Ruas Tol Dilanjutkan, Anies: Ini Keputusan Pemerintah Pusat
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut proyek enam ruas tol dalam kota yang kini dilanjutkan adalah kewenangan pemerintah pusat. Dia tak berkenan ikut dalam pengambilan keputusan meneruskan proyek tersebut.

"Jangan sampai dikira bahwa kita yang meneruskan. Ini adalah keputusan yang diambil pemerintah pusat. Jadi kalau mau bicara tentang enam ruas jalan tol wewenangnya yang diangkat. Wewenangnya diambil pemerintah pusat,” ujar Anies di Jakarta Pusat, Jumat (13/7).

Seperti yang diketahui, Anies menyatakan penolakannya untuk meneruskan proyek yang digagas sejak era mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso itu. Hal itu termasuk dalam janji kampanye Anies bersama Wakil Gubernur Sandiaga Uno saat Pilkada DKI 2017 lalu.

Menurutnya, pemerintah pusat mengambil alih proyek itu dari Pemprov DKI melalui Perpres 58/2017 tentang Perubahan atas Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Perpres ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Juni 2018 atau dua bulan usai Pilkada.

Ketika disinggung terkait rencana ke depannya, apakah mendukung atau tetap menolak, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu belum menjawab dengan pasti.

“Nanti kita lihat. Tapi yang perlu masyarakat tahu adalah enam ruas jalan tol ini, dua bulan sesudah Pilkada, dijadikan sebagai program strategis nasional. Perpresnya dilakukan perubahan, dan ini yang menurut saya penting,” jelas dia.

Sebagai informasi, proyek tol dibagi dalam empat tahap konstruksi dan ditargetkan selesai pada 2022. Enam ruas tol itu memiliki panjang 69,77 kilometer.

Keenam ruasnya antara lain dari Semanan-Sunter sepanjang 20,23 kilometer, Sunter-Pulo Gebang 9,44 kilometer, dan Duri-Pulo Gebang-Kampung Melayu 12,65 kilometer. Kemudian, Kemayoran-Kampung Melayu 9,6 kilometer, Ulujami-Tanah Abang 8,7 kilometer, dan Pasar Minggu-Casablanca 9,16 kilometer.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up