JawaPos Radar

Sandiaga: Terima Kasih Warga Jakarta, The Power of Love

14/07/2018, 05:30 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sandiaga: Terima Kasih Warga Jakarta, The Power of Love
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar acara syukuran setelah meraih dua penghargaan kelas dunia. Kota Jakarta baru saja mendapat penghargaan One Planet City Challenge (OPCC) dan We Love Cities 2018.

Perayaan berawal dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Isnawa Adji mengadakan acara khusus. Mereka pun menyiapkan sebuh nasi tumpeng dengan berbagai lauk pelengkapnya.

“Saya waktu itu bilang sama Pak Adji. Pak Adji, tumpengan dong supaya kita inget bahwa kita bersyukur kepada Allah, dan kita melakukan ini semua sebagai landasan ibadah,” ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/7).

Sebab menurutnya, ibu kota selama ini terkenal dengan berbagai permasalahan yang rumit, sehingga masyarakat lupa bersyukur. Dia mengatakan, syukuran dilakukan untuk masyarakat dan ibadah ke depan.

“Pokoknya macet, warganya buang sampahnya sembarangan, berita-berita di Koran kotornya saluran air di sini. Ini segala macam. Tapi kadang-kadang kita tidak men-celebrate, tidak mensyukuri, nggak bertasyakur atas begitu banyak prestasi yang kita miliki,” tutur Sandi.

Penghargaan yang diberikan oleh World Wide Fund for nature (WWF) itu dinilai berdasarkan beberapa hal, salah satunya terkait antisipasi perubahan iklim yang disampaikan dalam media laporan carbon climate registry. Dari sana, kemudian panel juri mulai menilai.

“Apa saja kota-kota besar dunia lain yang kita kalahkan? Tokyo, Kuala Lumpur. Tokyo kalah. Kuala Lumpur jebol. Dan Vancouver yang saya pernah tinggal di sana juga kalah sama Jakarta,” sebut dia.

Selain OPCC, kemenangan juga melalui persaingan ketat dengan 50 kota finalis dari 21 negara. Dan kemenangan mutlak ini Jakarta berhak menyandang gelar sebagai "Kota yang Paling Dicintai Warganya" dan merupakan kemenangan Jakarta yang pertama kalinya.

“Maka kembali kita mencetak history. We always make history,” tandasnya.

Politikus Partai Gerindra itu berterima kasih kepada seluruh warga Jakarta. Dari segi poin penilaian, ibu kota unggul dengan total nilai 164.954 interaksi dari vote. Masyarakat disebutnya bisa menggerakkan banyak hal termasuk perubahan-perubahan besar yang ada di Jakarta.

“Terima kasih kepada warga Jakarta yang sudah menyatakan cintanya kepada ini lewat vote dan dalam bentuk dukungan langsung lainnya. Ini jadi modal penting karena kekuatan cinta, the power of love,” pungkas Sandi.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up