JawaPos Radar

Paragliding Accuracy World Cup 2018 Dihelat di Batu

13/07/2018, 19:01 WIB | Editor: Banu Adikara
Paragliding Accuracy World Cup 2018, Paragliding Accuracy Asian Cup 3rd, Kota Batu
Paragliding Accuracy World Cup 2018 sedang berlangsung di Kota Batu, Jawa Timur. Ada 132 atlet dari 15 negara yang ikut serta. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 132 atlet paralayang dari 15 negara beradu ketepatan akurasi mendarat di Gunung Banyak, Kota Batu, dalam ajang Paragliding Accuracy World Cup 2018 dan Paragliding Accuracy Asian Cup 3rd, Jumat (13/7). Sejumlah atlet Indonesia pun turut serta dalam kejuaraan ini.

Kota Batu terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan internasional yang digelar mulai tanggal 13-15 Juli ini. Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu Chairil Fajar Rofi mengatakan, dari seluruh peserta yang ikut, 60 diantaranya berasal dari Indonesia. "Enam atlet berasal dari Batu," ujarnya.

Event ini sendiri merupakan seri kejuaraan dunia ketiga yang diadakan di tahun ini. Chairil mengatakan, lazimnya di tahun sebelumnya diadakan empat kali dalam setahun. Namun, untuk tahun ini diadakan enam kali di benua Asia, yakni di Indonesia dan Nepal.

Dengan diselenggarakannya event ini, Chairil berharap acara ini bisa menarik wisatawan lokal maupun internasional untuk datang ke Kota Batu. "Meskipun banyak tempat sudah memiliki spot paralayang, saya harap ini juga menjadi brand Kota Batu," tegasnya.

Sementara itu, dalam kejuaraan Paragliding Accuracy Asian Cup 3rd, para yang atlet terbang dari ketinggian tertentu diharuskan mendarat pada target berupa lingkaran berdiameter 22 sentimeter.

Sang atlet harus menginjakkan kakinya di atas electronic pad di tengah lingkaran target tersebut. Nilai sempurna akan diperoleh seorang atlet apabila berhasil menginjak titik itu.

Pada hari pertama ini, salah satu atlet asal Batu yakni Rika Wijayanti berhasil menginjakkan kakinya di titik bulat. Atlet berusia 23 tahun tersebut mengatakan, ada beberapa trik yang dilakukan agar bisa menginjakkan kaki di titik tersebut. Salah satunya dengan melihat kecepatan angin.

"Yang penting fokus, menuju target itu fokus dan tenang," kata dia. Pada kejuaraan ini, dirinya menargetkan bisa mendapatkan emas. (fis)

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up