JawaPos Radar

Naik LRT Palembang, Jokowi: Serasa di Eropa

13/07/2018, 19:00 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Naik LRT Palembang, Jokowi: Serasa di Eropa
Presiden Jokowi saat menaiki LRT Palembang (Ist/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kedatangan Presiden Joko Widodo di Palembang bukan hanya untuk membagikan sertifikasi tanah. Jokowi juga sempat merasakan naik Light Rail Transit (LRT) Palembang.

Berdasarkan pantauan, Jokowi didampingi ibu negara, Iriana Jokowi, KemenPU-PERA, Kemenhub, dan beberapa kabinet kerja, mulai menaiki LRT dari stasiun Bumi Sriwijaya sampai dengan stasiun Jakabaring yang berada di depan Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang.

"Rasanya seperti di Eropa dan dirasakan seperti negara maju," kata Jokowi saat diwawancarai usai turun dari LRT, Jumat (13/7).

Ia mengaku, LRT di Palembang ini pertama di Indonesia yang tujuannya pertama dalam rangka Asian Games serta untuk jangka panjang memberikan pilihan kepada masyarakat dalam menggunakan transportasi massal. Dirinya berharap kedepannya yang paling penting yakni membangun budaya baru transportasi aman, nyaman dan membangun budaya antre.

"Saya ingin LRT Palembang ini menjadi contoh kota besar di Indonesia dalam membangun transportasi massal. Karena ini lebih efisien dari pada kendaraan pribadi," terangnya.

Saat ini, ia mengaku progres LRT masih dalam tahap uji sertifikasi. Nantinya, jika telah selesai akan langsung dioperasionalkan. Untuk kontruksinya sendiri sejauh ini sudah mencapai 95 persen,

Untuk keretanya sendiri itu dikerjakan oleh PT INKA sedangkan mesinnya didatangkan dari Jerman.

"Jadi artinya hampir 90 persen dibuat oleh putra terbaik Indonesia. Hanya mesinnya saja yang dari luar," ujarnya.

Kedepan, pihaknya juga berencana akan membangun LRT di beberapa kota di Indonesia yakni di Surabaya, Bandung dan Medan. Namun, saat ini rencana tersebut tengah digodok. "Kalau sudah mateng nanti baru akan dimulai," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up