JawaPos Radar

Wajah Baru Lapangan Banteng yang Mulai Digandrungi Warga

14/07/2018, 05:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Wajah Baru Lapangan Banteng yang Mulai Digandrungi Warga
Kemegahan Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this

Sudah lebih dari setahun, Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dilakukan pemugaran. Seluruh bangunannya terlihat kokoh berdiri, terlebih Monumen Pembebasan Irian Barat yang nampak lebih terawat dibandingkan sebelumnya.

Reyn Gloria, Jakarta

Seperti yang diketahui, sampai saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum meresmikan kawasan bersejarah ini. Walau begitu, masyarakat secara bergantian sudah menggunakan area taman untuk beraktivitas.

Wajah Baru Lapangan Banteng yang Mulai Digandrungi Warga
Kemegahan Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)

Berdasarkan pantauan JawaPos.com, kawasan ini memang belum ramai. Namun warga dari berbagai kalangan sudah mulai menggunakan fasilitas yang ada, untuk sekedar menghabiskan waktu luang, berolahraga, bahkan rekreasi sederhana bersama keluarga.

"Kalau taman memang sudah mulai aktif dikunjungi warga, sekitar awal Juli. Nah, ramainya itu sore karena disambi lari biasanya dan kalau anak jaman now pasti selfie-selfie sama temannya," ujar salah seorang petugas yang berjaga, Ari di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Jumat (13/7).

Taman Lapangan Banteng sangat dikenal dengan kemegahan Monumen Pembebasan Irian Baratnya. Namun, saat ini telah terhampar rumput segar dengan bunga berwarna kecil yang menambah kecantikan bangunan bersejarah ini. 

Wajah Taman Lapangan Banteng nampak sangat nyaman dan berkelas. Dilengkapi dengan kolam yang memiliki air mancur yang dapat menari saat akhir pekan, di samping kolam pun nampak amphitheater yang tengahnya ditanami pohon.

"Saya dengar-dengar nanti mau ditetapin (air mancur) nyalanya Sabtu-Minggu mulai jam 18.30 WIB. Tapi ya masih rencana katanya, itu nanti disekitar air mancur ada lampu-lampu. Nah itu lagi disempurnain," jelas Ari.

Pada sisi sebelah kiri Monumen, akan terlihat bangunan yang di sisinya terukir tulisan-tulisan bersejarah. Seperti, pidato Proklamasi, Deklarasi Djuanda, Pidato Sukarno mengenai Pembebasan Irian Barat, dan isi Tri Komando Rakyat (Trikora).

Tidak sampai disitu, Taman Lapangan Banteng pun menyediakan fasilitas olahraga yang dapat dipakai oleh semua orang, di antaranya lapangan sepak bola, jogging track, lapangan voli, lapangan basket dan tempat bermain badminton.

Sementara itu, terdapat pula area bermain anak yang dapat digunakan sekaligus refreshing bersama keluarga. Tidak kalah dengan tempat bersejarah lain, kawasan ini pun dapat menjadi lokasi berfoto untuk kalangan anak-anak muda.

Seperti salah satu pengunjung, Romi, 19, yang datang ke Taman Lapangan Banteng karena melihat temannya update di sosial media. Dirinya mengaku ingin sekaligus lari sore dan melihat keindahan taman ini dengan mata kepalanya sendiri.

"Bagus sih dulu setahu saya nggak terawat, boro-boro dateng orang ngelihatnya saja males kali. Tapi sekarang disini keren, ada lapangan atletik, pinggirannya bisa buat lari. Cocoklah buat tempat nongkrong anak muda buat olahraga bareng," ujarnya saat ditemui JawaPos.com.

Struktur desain penataan Taman Lapangan Banteng memang indah dan dapat menjadi daya tarik anak muda untuk dijadikan tempat berfoto. Terlebih untuk yang suka sekali berfoto, namun karena tergolong masih fresh diharapkan pengunjung dapat menjaga kebersihan dan tidak merusak.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up