JawaPos Radar

Hingga Juli 2018, Bea Cukai Batam Melakukan 200 Kali Pencegahan

13/07/2018, 18:10 WIB | Editor: Budi Warsito
Hingga Juli 2018, Bea Cukai Batam Melakukan 200 Kali Pencegahan
Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penindakan (P2) BC Batam, Sulaiman. (Bobi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hingga pertengahan tahun 2018 ini, Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai (BC) tipe B Batam telah melakukan tidak kurang dari 200 pencegahan. Dari 200 pencegahan tersebut, narkotika masih menjadi item yang dominan, diikuti oleh rokok, ballpress dan barang-barang tanpa manifest lainnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penindakan (P2) BC Batam, Sulaiman mengatakan, pencegahan kasus narkotika hingga Juli 2018 ini mencapai angka 40 kasus. Malaysia menjadi negara asal yang mendominasi pengiriman barang haram tersebut.

Adapun jalur utama pencegahan narkotika, didominasi oleh tangkapan di Bandara Internasional Hang Nadim dan Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam. "Narkoba jenis sabu masih dominan. Mereka paling banyak kita amankan melalui jalur laut dan udara, ketika akan dibawa keluar Batam," kata Sulaiman.

Pencegahan ini lanjut Sulaiaman, mengalami peningkatan dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Mulai dari barang-barang yang masuk ke Batam, maupun barang asal Batam yang akan diedarkan keluar.

Namun, item elektronik, khususnya smartphone mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya. "Setiap tahunnya, pencegahan mengalami peningkatan, tapi sampai tengah tahun ini pencegahan handphone justru menurun dibanding tahun lalu," kata Sulaiman lagi.

Terkait ancaman masuknya barang-barang dengan cara yang menyalahi aturan, maupun barang terlarang di wilayahnya, Batam BC Batam terus melakukan upaya penguatan di berbagai sektor. Mulai dari penambahan personel, dan meningkatkan kecakapan tim yang ada di lapangan.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up