JawaPos Radar

Nenek di Kabupaten Agam Tewas Terpanggang

13/07/2018, 17:50 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Nenek di Kabupaten Agam Tewas Terpanggang
Dua unit rumah terbakar di Kabupaten Agam, seorang nenek ikut terpanggang dalam insiden ini, Jumat (13/7) (Ist/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dua unit rumah semipermanen di Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) ludes terbakar. Celakanya, seorang nenek pemilik rumah ikut terpanggang dan tewas dalam insiden Jumat (13/7) pagi itu.

Nenek yang tidak sempat menyelamatkan diri dari kepungan api itu bernama Nelwati, 70. Saat rumah korban dilahap si jago merah, dua orang anak dan tiga cucunya sedang tidak di rumah. Dari informasi, nenek tersebut tidak bisa berlari ke luar rumah lantaran tidak lagi kuat berjalan.

"Informasi warga, korban sudah lanjut usia dan tidak kuat berjalan lagi. Sedangkan api begitu cepat membesar," kata Camat Banuhampu, Afdhal membenarkan peristiwa kebakaran itu pada sejumlah wartawan, Jumat siang (13/7).

Awalnya, ketika api mulai tampak, puluhan warga dan tetangga korban berusaha masuk ke dalam rumah untuk menyelamatkan korban. Sayangnya, kobaran kian membesar dan tidak bisa ditembus. Bahkan, api menjalar dan menghanguskan rumah Zulhasan, 62.

Terkait pemicu kebakaran, sumber api disebut-sebut berasal dari dapur rumah korban. Namun, pihak Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Agam belum berani berkomentar banyak. "Penyebabnya masih dalam penyelidikan polisi," kata Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Dandi Pribadi.

Menurutnya, tiga unit Damkar baru berhasil menjinakkan api setelah satu jam lamanya. Akibat kejadian ini, diperkirakan dua rumah mengalami kerugian Rp 400 juta.

Di sisi lain, keluarga nenek yang tewas dalam insiden tersebut mengaku telah mengikhlaskan kepergian orang tuanya. Korban sendiri telah dimakamkan di pandam pakuburan keluarga usai salat Jumat.

(ce1/rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up