JawaPos Radar

Tiga Bulan Kosong, Pejabat Bupati Banyumas Akhirnya Dilantik

13/07/2018, 17:25 WIB | Editor: Budi Warsito
Tiga Bulan Kosong, Pejabat Bupati Banyumas Akhirnya Dilantik
Pelantikan Budi Wibowo sebagai Pejabat Bupati Banyumas di Gedung Gradhika, Kompleks Gubernuran, Semarang, Jumat (13/7). (Tunggul Kumoro?JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Geburnur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo akhirnya melantik Budi Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Administrasi Setda Provinsi menjadi Pejabat Bupati Banyumas. Posisi kepala daerah ini diketahui sempat kosong sejak berakhirnya masa jabatan Achmad Husein April 2018 lalu.

Kedudukan ini, sejak saat itu diisi oleh Sekda Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono selaku pelaksana tugas harian. Sementara pelantikan Achmad Husein yang terpilih kembali baru dilaksanakan September 2018 besok.

Saat pelantikan, Ganjar berpesan kepada Budi agar dapat menjalankan pemerintahan sebaik-baiknya dan sebagaimana mestinya. Termasuk untuk mau mengaplikasikan cara-cara inkonvensional.

"Saya titip bangun birokrasi milenial. Anda harus terjun ke medsos. Ada resiko yang diambil, anda bisa dihajar, dikritik, tapi sekaligus sebenarnya sejauhmana kita memberikan respon cepat," katanya di Gedung Gradika Komplek Gubernuran, Semarang, Jumat (13/7).

Ganjar pun mengingatkan akan agenda daerah Banyumas yang diperkirakan sibuk dalam beberapa momen ke depan. Menyusul akan rampungnya proyek pengembangan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga.

Tak luput dari perhatian Ganjar adalah, maraknya pejabat daerah di Jawa Tengah yang tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, problem integritas tidak bisa diabaikan dan dia berharap Kabupaten Banyumas dapat menjadi contoh pemerintah yang baik setelah ini.

"Kita malu dan harus segera memperbaiki seluruh birokrasi. Diharapkan banyumas bisa menjadi contoh pelayanan publiknya. Kami menugaskan Pak Budi (Budi Wibowo) untuk memimpin Banyumas selama dua bulan. Buka lagi transparansi birokrasi dan apapun yang ada di pemerintahan, saya pesan betul," ujarnya.

Tidak lupa, pria berambut putih itu juga meminta Budi guna turut berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan. Meski dengan waktu yang sempit, Ganjar mengharap sang Pejabat Bupati turut bisa mengawasi persoalan-persoalan lain, macam pendidikan, serta marakanya penyalahgunaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up