JawaPos Radar

Parpol di Sulsel Belum Daftarkan Caleg

13/07/2018, 16:35 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pendaftaran Caleg
Suasana ruang pendaftaran bakal caleg di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (13/7). (Sahrul Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) untuk Pemilu 2019 sejak Rabu (4/7) lalu. Namun hingga hari kesembilan pendaftaran, belum ada satupun partai politik (parpol) yang mendaftarkan calegnya.

Humas KPU Sulsel Asrar Marlang mengungkapkan, hingga saat ini hanya empat parpol yang baru melakukan konfirmasi untuk mendaftarkan calegnya. Rencananya, keempat parpol tersebut mendaftarkan calegnya mulai Sabtu (14/7) besok hingga Senin (16/7) pekan depan.

"Sejauh ini baru empat parpol. Ada dari Partai Gerindra, Demokrat, Perindo dan Golkar," sebut Asrar di kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (13/7).

Asrar menyebutkan, prosedur pendaftarkan caleg cukup sederhana. Masing-masing parpol yang bakal mendaftarkan caleg harus sesuai dengan daerah pemilihan di masing-masing tingkatan. Bakal caleg hanya boleh diajukan satu parpol di satu daerah pemilihan dalam satu tingkatan dewan perwakilan.

Para pendaftar diwajibkan untuk memasukkan data melalui sistem informasi calon (Silon). "Hal itu dilakukan supaya tidak ada lagi caleg ganda. Baik di parpol daerah pemilihan maupun pada tingkatan dewan perwakilan yang berbeda," jelasnya.

Sementara untuk bakal calon DPD, tercatat ada 23 orang yang mendaftar. Pendaftarannnya sendiri sudah resmi ditutup pada Rabu (11/7) lalu. Selanjutnya, KPU bakal melakukan perbaikan berkas bagi yang tidak memenuhi syarat dalam verifikasi faktual pada Sabtu (21/7) hingga Selasa (4/7) mendatang.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up