JawaPos Radar

Wow, X-Ray Berwarna Telah Ditemukan di Selandia Baru

14/07/2018, 05:35 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Wow, X-Ray Berwarna Telah Ditemukan di Selandia Baru
X-ray berwarna ditemukan ilmuwan Selandia Baru (AFP)
Share this

JawaPos.com - Para ilmuawan Selandia Baru telah melakukan uji coba X-ray 3D warna pertama pada manusia. Laboratorium fisika CERN Eropa mengatakan, penemuan X-ray berwarna itu meningkatkan bidang diagnosa di bidang medis.

X-ray biasanya diketahui berwarna hitam dan putih. Kini X-ray telah digabungkan dengan teknologi pelacakan partikel yang dikembangkan untuk Large Hadron Collider milik CERN. Mereka menemukan partikel Higgs Boson yang sukar dipahami pada 2012 lalu.

Teknologi CERN yang dijuluki Medipix, bekerja seperti kamera yang mendeteksi dan menghitung partikel sub-atomik individu ketika mereka bertabrakan dengan piksel sementara rana terbuka. Hasil gambar juga dimungkinkan beresolusi dan memiliki warna kontras yang baik.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat, (13/7), CERN dalam pernyataannya mengatakan, teknik pencitraan sinar X warna tersebut dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas dan akurat. Tentunya akan membantu dokter memberikan diagnosa yang lebih akurat untuk pasien mereka.

Teknologi tersebut sedang dikomersilkan dan diperkenalkan oleh perusahaan MASRS Bioimaging asal Selandia Baru. Selain itu, universitas-universitas di Otago dan Canterbury juga turut membantu mengembangkannya.

Menurut CERN, hasil gambar dengan X-ray berwarna yang sangat jelas menunjukkan perbedaan antara tulang, otot, dan tulang rawan. Manfaat X-ray ini bahkan nantinya dapat mengetahui ukuran tumor kanker.

"Piksel kecil dan resolusi energi yang akurat berarti alat pencitraan baru ini mampu mendapatkan gambar yang tidak dapat diperoleh alat pencitraan lain," kata pengembang Phil Butler dari University of Canterbury.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up