JawaPos Radar

Peran Penting Adul Selamatkan Tim Sepakbola di Gua Thailand

14/07/2018, 05:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Peran Penting Adul Selamatkan Tim Sepakbola di Gua Thailand
Selama proses evakuasi, Adul dengan sopan menyampaikan kepada para penyelam Inggris tentang kebutuhan terbesar timnya, makanan, dan kejelasan tentang berapa lama mereka bertahan hidup (ABC News)
Share this image

JawaPos.com - Selamat dari banjir di Gua Tham Luang menjadi anugrah tersendiri bagi anggota tim sepakbola muda dari Thailand. Selama proses evakuasi, Adul Sam On aktif berkomunikasi dengan penyelam asal Inggris.

Seperti dilansir New York Times pada Rabu, (11/7), Adul menjadi satu-satunya bocah yang bisa berbahasa asing. Rupanya tidak hanya bahasa Inggris, Adul juga fasih dalam bahasa Thailand, Burma, Mandarin dan Wa. Selama proses evakuasi, Adul dengan sopan menyampaikan kepada para penyelam Inggris tentang kebutuhan terbesar timnya, makanan, dan kejelasan tentang berapa lama mereka bertahan hidup.

Adul juga bukan orang Thailand asli. Dia berasal dari sebuah kota kecil dari Myanmar. Pada usia 6 tahun, orangtuanya membawa Adul ke Thailand, dengan harapan bahwa sekolah yang layak akan memberinya kehidupan yang lebih baik daripada keluarga yang buta huruf dan miskin.

Peran Penting Adul Selamatkan Tim Sepakbola di Gua Thailand
Tim sepakbola muda Thailand saat masih terjebak di gua (Facebook Royal Thai Navy)

Dengan bahasa Inggris yang ia gunakan untuk berkomunikasi dengan penyelam Inggris pada 2 Juli, Adul sangat penting dalam menjamin keamanan Wild Boars. Dia adalah murid terbaik di kelasnya di Sekolah Ban Wiang Phan di Mae Sai.

Catatan akademisnya dan kecakapan olahraga membuatnya mendapatkan beasiswa dan makan siang setiap hari. Dalam upaya penyelamatan tim sepakbola dalam gua tersebut telah memakan satu korban, Saman Gunan, 38 tahun, yang merupakan mantan anggota Angkatan Laut Thailand yang meninggal karena kekurangan oksigen saat menyelam.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up