JawaPos Radar

Target 7 Juta Sertifikat, Jokowi: Pokoknya Harus Tercapai

13/07/2018, 15:47 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi saat memberikan sertifikasi tanah di Palembang. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo memberikan perhatian serius atas proses sertifikasi tanah. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) diminta segera menuntaskan target tahun ini. Yakni, 7 juta sertifikat tanah.

Jokowi menekankan, target tersebut harus tercapai. Dia akan terus mengawasi dan mengikuti perkembangannya. "Saya tidak mau tahu, pokoknya target ini harus tercapai. Kalau tidak, tahu sendiri (akibatnya). Kerja sama saya harus pakai target," tegas Jokowi di sela pemberian 6.000 sertifikat di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Jumat (13/7).

Permasalahan tanah masih kerap terjadi di Indonesia. Faktor penyebabnya adalah masyarakat tidak memiliki bukti hukum atas tanah tersebut. Berdasarkan data pada 2015, total ada 126 juta bidang tanah di Indonesia. Namun yang sudah bersertifikat baru 46 juta bidang.

Artinya, masih ada 80 juta bidang tanah yang belum memiliki sertifikat. "Kami akan terus dorong agar sisa tanah ini mampu memiliki sertifikat," tandas Jokowi.

Bagi masyarakat yang telah memiliki sertifikat, maka dapat dijadikan agunan untuk modal usaha dan investasi. "Saya berharap gunakanlah sebaik mungkin. Jangan digunakan untuk kenikmatan," pesan Jokowi.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up