JawaPos Radar

Jelang Asian Games, Transjakarta Tambah 416 Unit Bus dari Swedia

13/07/2018, 15:29 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Jelang Asian Games, Transjakarta Tambah 416 Unit Bus dari Swedia
Ilustrasi bus Transjakarta. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah armada bus Transjakarta untuk menunjang perhelatan Asian Games 2018. Penyediaan bus hasil kerja sama dengan Kedutaan Besar Swedia itu berjumlah 416 unit, terdiri dari 116 unit Volvo dan 300 unit Scania.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, penambahan bus bertujuan untuk meningkatkan jumlah ridership yang diperoleh PT Transjakarta.  Dia menarget bisa mengumpulkan 600 ribu penumpang pada pertengahan tahun ini.

“Sekarang kita sudah mencapai 580 ribu per hari (penumpang). Kita akan tingkatkan menjadi 600 ribu (penumpang), mungkin minggu depan, karena sudah masuk sekolah," ujar Sandi di Balai Kota, Jumat (13/7).

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengaku, pengerahan bus-bus baru tersebut juga untuk operasional Transjakarta ke depan. Saat ini, pihaknya tengah menyesuaikan jadwal kedatangan bus baru sesuai dengan pelaksanaan Asian Games.

“Supaya pada saat tamu-tamu negara datang nanti, bus kita masih baru. Jadi, memang kerja sama dengan pemerintahan Swedia,” kata Budi pada kesempatan yang sama.

Dia menyebutkan, Transjakarta telah memiliki 1.600 unit bus yang melayani penumpang setianya setiap hari. Dengan adanya penambahan tersebut, jumlah total bus akan mencapai 2.000 unit.

Pemprov DKI terus berkoordinasi dengan INASGOC terkait jumlah atlet yang akan berlaga dalam ajang olahraga terbesar se-Asia itu. Budi menyatakan siap membantu terkait sarana transportasi yang dibutuhkan selama Asian Games berlangsung. 

“Jadi kami lagi tunggu juga apakah mereka butuh bus tambahan. Pada saat mereka butuh bus tambahan, kami juga akan menyiapkan untuk membantu mereka,” pungkasnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up