JawaPos Radar

Menko Perekonomian Gelar Rapat Ekspor dan Investasi, Ini Hasilnya

13/07/2018, 14:10 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Menko Perekonomian Gelar Rapat Ekspor dan Investasi, Ini Hasilnya
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution (Dok. JPNN / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala BKPM Thomas Lembong dan perwakilan dari Kementerian BUMN. Fokus membahas pada pengembangan ekspor dan investasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang berupaya mendorong peningkatan ekspor industri sejumlah komoditi. 

Selain itu, pihaknya juga membahas permasalahan fiskal yang dianggap menjadi batu sandungan dalam upaya meningkatkan ekspor.

"Koordinasi untuk memicu ekspor di bidang industri yang tadi disampaikan oleh bapak Menteri Perindustrian (Airlanggar), bidang industri makanan, furnitur, industri produk karet, jadi kita identifikasi masalah-masalah dari mulai masalah perizinan, bahan baku, bea masuk, bea keluar, perpajakan," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/7).

Sayang, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu tidak menjelaskan upaya dalam mendorong peningkatan ekspor tersebut. "Nanti dijelaskan (Menko Perekonomian)," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan hal senada. Dirinya menegaskan bahwa pemerintah masih menggodok formulasi untuk meningkatkan kuantitas ekspor. Diharapkan, pembahasan ini rampung dalam waktu dekat.

"Jadi tentunya terhadap langkah-langkah yang akan didorong terhadap penguatan ekspor dan juga dibahas mengenai investasi di smelter. Ini rapat belum selesai, jadi langkah-langkahnya masih diformulasikan antar kementerian dan juga yang tadi sudah clear itu SPLK industri kayu, untuk IKM akan diberikan semacam insentif," tandasnya. 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up