JawaPos Radar

Korban Longsoran Sampah Belum Ditemukan

13/07/2018, 14:09 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
TPA Supit Urang
PENCARIAN: Sebanyak 250 personel gabungan kembali mencari korban timbunan longsor di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Kelurahan Mulyorejo, Kota Malang. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Agus Sujarno, 40, tertimbun longsoran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Kelurahan Mulyorejo, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). Tragedi terjadi pada Rabu (11/7). Hingga kini proses pencarian terus dilakukan. Namun upaya petugas belum membuahkan hasil.

Jumat (13/7) ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto yang turun ke lokasi tertimbunnya pemulung tersebut. Bahkan, Wasto memimpin langsung proses pencarian korban.

Wasto menyampaikan, sebanyak 250 orang dikerahkan dalam proses pencarian. Mereka bekerja dengan sistem shif. "Batas waktu yang langsung ditentukan Basarnas," ujarnya.

Adapun tim pencarian terdiri atas TNI, Polri, Tim Taganas (Taruna Siaga Bencana), Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, TRC (Trac Control System), BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan relawan. Tak ketinggalan, paguyuban pemulung juga ikut berpartisipasi dalam pencarian korban.

Wasto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh komponen yang ikut berpartisipasi dalam proses pencarian korban longsor di TPA Supit Urang. Dia mengimbau kepada seluruh petugas untuk melengkapi peralatan dan personel guna mempermudah pencarian korban. “Saya mobilisasi berbagai peralatan. Jangan sampai pekerjaan ini (evakuasi) terganggu karena keterbatasan perlatan," tandasnya.

Petugas diminta bergiliran dalam melakukan pencarian. Karena dengan lingkungan yang seperti itu, seseorang sangat mudah lelah. Sehingga perlu adanya pergantian personel setiap waktu.

Pada kesempatan ini, Wasto turut membantu mencari korban dengan cara manual. Yakni, dengan mengeruk tumpukan sampah di sekitar lokasi longsor.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up