JawaPos Radar

Begini 6 Kiat Dasar Merawat Bayi Baru Lahir

13/07/2018, 14:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Begini 6 Kiat Dasar Merawat Bayi Baru Lahir
Ilustrasi menenangkan bayi. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Bagi orang tua baru, tentu sangat menantikan kehadiran sang buah hati. Namun ketika anak pertama lahir, orang tua biasanya kerepotan bahkan khawatir akan kebutuhan dan kenyamanan si bayi. Walaupun banyak orang yang akan membantu, ada beberapa hal utama yang harus diperhatikan sebagai seorang ibu.

Dilansir dari Health Site, Jumat (9/7), perawatan bayi baru lahir membutuhkan perencanaan dan perhatian yang teliti. Dibawah ini terdapat 6 petunjuk yang perlu diperhatikan saat merawat bayi Anda yang baru lahir. Apa saja itu?

1. Kontak Kulit

Berikan bayi Anda kontak kulit tepat setelah kelahiran. Ini meningkatkan ikatan ibu dan bayi serta sirkulasi darah pada bayi. Sentuhan kulit juga membantu menstabilkan jantung dan menormalkan suhu tubuh bayi. Tiru posisi kanguru untuk menjaga bayi Anda di dada telanjang untuk memaksimalkan manfaat kontak kulit.

2. Menyusui Segera

Cobalah mulai menyusui sesegera mungkin. Ingat ASI adalah yang terbaik untuk bayi Anda. Kolostrum yang Anda hasilkan selama beberapa hari pertama setelah anak lahir memiliki nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.

3. Ganti Popok

Jika bayi Anda menangis, jangan biarkan dia sendirian. Angkat dan coba dulu menawarkan ASI. Bayi yang baru lahir menangis karena kelaparan. Jika bayi Anda masih terlihat tidak nyaman, periksa popok yang kotor atau periksa pakaiannya dengan benar untuk mengetahui apa yang mengganggunya. Periksa bekas gigitan serangga di tubuhnya juga.

4. Perhatikan Lingkungan

Penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Jaga tali pusar kering dan jangan pernah menaruh larutan alkohol atau krim lain di area tersebut karena dapat menyebabkan infeksi.

5. Perhatikan Kebersihan Bayi

Jangan mencoba membersihkan lidah atau mulut bayi yang baru lahir. Ketahuilah bahwa mereka dibersihkan sendiri dan jangan pernah mengaplikasikan surma atau kajal pada mata bayi yang baru lahir.

6. Beri Paparan Sinar Matahari

Jangan biarkan bayi tidur tengkurap karena dapat meningkatkan risiko kematian bayi mendadak. Selama minggu pertama setelah melahirkan pastikan Anda memaparkan bayi Anda ke matahari untuk mendapatkan cukup vitamin D dan mengobati penyakit kuning yang umum terjadi pada bayi.

Bicaralah dengan dokter tentang kesejahteraan anak Anda. Periksa dengan dokter tentang vaksinasi dan dapatkan dosis tepat waktu.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up