JawaPos Radar

Gagal Masuk Angkatan Darat, Pria Ini Siarkan Bunuh Diri Via Facebook

13/07/2018, 13:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Gagal Masuk Angkatan Darat, Pria Ini Siarkan Bunuh Diri Via Facebook
Pria India bunuh diri disiarkan via Facebook (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Seorang pemuda India, 24 tahun, melakukan live streaming bunuh diri di Facebook. Munna Kumar menyiarkan bunuh dirinya sepanjang satu menit di Facebook ke seluruh dunia.

Laki-laki yang tinggal di Kota Agra tersebut tak ragu-ragu menyiarkan bunuh dirinya. seperti dilansir Gulfnews pada Kamis , (12/7), nahasnya tidak satu pun dari 2.750 orang lebih yang menonton bunuh diri secara live itu dapat mencegah perbuatannya.

Kumar bunuh diri pada Selasa malam, sementara orangtuanya sedang tidur di kamar sebelah. Insiden ini menjadi trending topik di beberapa media sosial.

Banyak orang menanggapi, salah satunya Gaurav Arya yang mengatakan, “Sangat sedih dengan bunuh diri Munna Kumar, yang depresi karena dia tidak berhasil masuk Angkatan Darat India. Tapi 2.750 orang menyaksikan bunuh diri pria muda ini seolah-olah itu adalah pertunjukan realitas. Tidak ada yang menelepon polisi. Sakit hati.”

Namun, sebuah laporan oleh saluran berita India NDTV menyatakan, orang-orang yang menonton memang sudah mencoba untuk mencegahnya melakukan bunuh diri. Namun Kumar tidak menanggapi.

Kumar adalah lulusan sarjana sains dan depresi setelah gagal bergabung dengan Angkatan Darat India. Dia telah mencoba sejak berusia 17 tahun.

Berbicara kepada Times of India, adik laki-lakinya Vikas Kumar mengatakan, kakaknya sangat terinspirasi oleh salah satu pahlawan India, Bhagat Singh yang ingin bergabung dengan Angkatan Darat India. Padahal, beberapa jam sebelum bunuh diri, dia normal dan kami makan malam bersama.

Tidak ada seorang pun di keluarga yang tahu bahwa dia akan melakukan bunuh diri. Kumar meninggalkan surat bunuh diri enam halaman, di mana dia menyalahkan dirinya sendiri karena tidak bisa lulus ujian masuk Angkatan Darat, dan menyatakan penyesalan karena mengecewakan orangtuanya.

Pengguna media sosial menyatakan perlunya lebih banyak perbincangan tentang kesehatan mental, depresi, dan bunuh diri di keluarga-keluarga di India. Sekitar 800.000 orang melakukan bunuh diri di seluruh dunia setiap tahun, dan dari jumlah ini, 135.000 orang atau 17 persen adalah penduduk India. Ini menurut statistik oleh Registrar General of India.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up