JawaPos Radar

Tarik Ulur Jalan Layang Purwosari

Pemkot Solo Kaji Pelebaran Jalan Perintis Kemerdekaan

12/07/2018, 18:33 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Jalan Layang
ILUSTRASI: Desain jalan layang atau flyover Purwosari Solo dipastikan akan menggunakan desain I dan bukan Y seperti yang diinginkan oleh Pemkot Solo (Ismail Pohan/Indopos/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Desain jalan layang atau flyover Purwosari Solo dipastikan akan menggunakan desain I dan bukan Y seperti yang diinginkan oleh Pemkot Solo. Dengan desain tersebut, otomatis kendaraan yang melintas di jalan Agus Salim akan kesulitan saat melintas di jalan layang tersebut.

Sebagai alternatifnya maka Pemkot Solo akan melakukan manajemen rekayasa dan memperlebar jalan Perintis Kemerdekaan. 

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan ada alternatif untuk mengakomodasi kendaraan yang melintas di jalan K.H. Agus Salim. Yakni dengan melintas di bawah jalan layang kemudian berputar dan melintas di jalan layang menuju ke barat.

"Atau nanti manajemen rekayasa lalu lintas dibuat di Jalan Perintis Kemerdekaan, " terang Rudy kepada JawaPos.com saat ditemui di Balai Kota, Kamis (12/7). 

Dengan adanya manajemen rekayasa tersebut, Rudy menambahkan, untuk kendaraan dari jalan Dr. Radjiman, terutama kendaraan berat akan lebih mudah saat akan melintas di jalan layang Purwosari.

Akan tetapi, Pemkot harus melakukan kajian terlebih dahulu. Mengingat, untuk lebar jalan Perintis Kemerdekaan masih kurang jika akan dilalui oleh kendaraan berat. 

"Kalau jalan Perintis Kemerdekaan masih bisa dilebarkan, nanti akan dilakukan kajian dulu," ucapnya. Sementara itu, mengenai desain jalan layang I, Rudy mengatakan, jika dirinya akan lebih setuju dengan desain huruf I.

Tetapi, dirinya juga tidak memungkiri kalau untuk membangun jalan layang desain Y membutuhkan kajian yang lebih detail. Mulai dari moda transportasinya, pengadaan lahan dan juga yang lainnya. 

"Yang perlu dikaji seperti pengadaan lahan, pendanaan anggaran dan juga butuh waktu yang lebih lama tentunya," ucapnya. Tetapi, lanjut Rudy, meskipun desain I kemungkinan bisa dikembangkan menjadi desain Y.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up