JawaPos Radar

Demi Lunasi Utang Daerah, Pemkab Kutim Stop Pembangunan

12/07/2018, 18:18 WIB | Editor: Ilham Safutra
Demi Lunasi Utang Daerah, Pemkab Kutim Stop Pembangunan
Ilustrasi: Pemkab Kutai Timur menyetop kegiatan pembangunan infrastruktur. Tujuannya untuk menyelesaikan beban utang daerah. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tidak stabilnya kondisi keuangan daerah sejak beberapa tahun terakhir sangat dirasakan pimpinan Pemkab Kutai Timur (Kutim). Salah satu pemicunya akibat beban utang daerah. Oleh karena itu pemkab berinisiatif untuk fokus terhadap pelunasan utang-utang tersebut.

Sekretaris Daerah Kutim Irawansyah menyatakan, saat ini Kutim masih memiliki utang kepada pihak ketiga sekitar Rp 503 miliar. Pihaknya bertekad fokus melakukan pembayaran pada 2018 ini.

"Kami masih memiliki utang ke pihak ketiga. Tapi, separo sudah dibayar Pemkab Kutim. Mungkin sekitar Rp 200 miliar di APBD murni," jelasnya seusai coffee morning di kantor bupati belum lama ini.

Menurut dia, hingga saat ini, beban utang sudah berkurang sekitar 50 persen. Utang pemkab menjadi sekitar Rp 270 miliar. Nanti di anggaran perubahan dibayarkan untuk menutupi kekurangan.

Lebih lanjut, pemkab menargetkan Juli menjadi skala prioritas dalam membayar utang dan menghentikan sementara pembangunan. "Kami sudah melakukan MoU dengan Bank Jateng. Harapannya, Juli ini semua utang bisa lunas. Paling tidak 2019 sudah selesai total," katanya. 

(*/la/c10/ami)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up