JawaPos Radar

Tak Perlu Turun Dari Mobil, Ambil Paspor Bisa Drive Thru

12/07/2018, 17:46 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Tak Perlu Turun Dari Mobil, Ambil Paspor Bisa Drive Thru
Tidak perlu turun dari mobil, pemohon bisa langsung ambil paspor dari counter drive thru. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mempercepat layanan pembuatan paspor baru, Kantor Imigrasi II Cirebon menerapkan layanan sistem Drive Thru saat pengambilan paspor jadi. Layanan tanpa turun itu dilakukan untuk mengefisiensi waktu tunggu masyarakat saat pengambilan paspor.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon, Tito Andrianto mengatakan, untuk mempermudah pengambilan paspor, layanan drive thru ini sangat membantu mengefisiensi waktu antrean di kantor. Dengan inovasi layanan tersebut, masyarakat tdak perlu turun dari mobil atau kendaraan untuk mengambil paspor yang sudah jadi.

"Layanan counter drive thru atau layanan tanpa turun itu diharapkan bisa lebih efektif, berjalan cepat, dan tidak ribet. Apalagi masyarakat tidak perlu repot turun dari kendaraan," ujarnya di kantor imigrasi kelas II Cirebon, Kamis (12/7).

Menurutnya, inovasi layanan counter drive thru baru berjalan sejak Senin (9/7) lalu. Layanan tanpa turun itu dimaksudkan bagi pemohon jasa keimigrasian yang hendak mengambil paspor. Pemohon hanya menunggu di kendaraan untuk dilayani melalui jendela loket.

Menurutnya, kantor Keimigrasian II Cirebon terus berupaya untuk memenuhi pelayanan agar lebih efektif dan efisien. Tito mengatakan, pembuatan paspor pun sudah bisa dilakukan dengan cara cukup mendaftar melalui aplikasi WhatsApp (WA) saja. Tanpa harus mengantre lama di kantor imigrasi.

"Sebelum menerapkan layanan drive thru, kami pun membuat sistem pendaftaran melalui WA. Masyarakat pemohon paspor cukup dengan mendaftar melalui aplikasi WhatsApp," ujarnya.

Tito menjelaskan, pemohon yang mengajukan paspor tinggal mengirimkan pesan melalui WA dengan format #Nama #TempatTanggalLahir #TanggalKedatangan, kemudian kirim ke nomor layanan milik Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon 0823 2000 9000.

Akan tetapi, pendaftar pun harus melengkapi persyaratan dokumen yang diminta saat ke Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon. Seperti dokumen asli e-KTP, Kartu Keluarga (KK), buku nikah/akte ijazah. Tito pun menegaskan, pemohon paspor wajib menggunakan nomor pribadi WA untuk mendaftar.

"Karena sebelumnya sering antre lama, kami membuat inovasi layanan pembuatan paspor dengan cara mengisi formulir pendaftaran melalui WA di nomor resmi Kantor Imigrasi," paparnya.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up