JawaPos Radar

Soal Aliran Kepercayaan, Dispendukcapil Tunggu Teknis dari Kemendagri

12/07/2018, 17:00 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Soal Aliran Kepercayaan, Dispendukcapil Tunggu Teknis dari Kemendagri
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kabar baik untuk para penganut aliran kepercayaan. Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan surat terkait teknis pergantian data di kartu keluarga (KK) dan KTP elektronik.

Surat yang ditujukan kepada Dinas Kependudukan tersebut untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi nomor 97/PUU-XIV/2016 dan Permendagri nomor 118 tahun 2017 tentang Blangko Kartu Keluarga Register dan Akta Pencatatan Sipil.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota solo, Suwarta membenarkan terkait turunnya surat mengenai aliran kepercayaan. Hanya saja, pihaknya masih menunggu surat tertulis dari Kemendagri.

"Saat ini masih dimatangkan oleh tim teknis Dirjen Pendukcapil Kemendagri, jadi belum ada tataran untuk implementasinya," terang Suwarta saat ditemui JawaPos.com di Balai Kota Solo, Kamis (12/7).

Meski begitu, lanjut Suwarta, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan tim dari pusat maupun Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo terkait data jumlah penganut aliran kepercayaan di Solo.

Selain itu, Suwarta juga meminta kepada pemerintah pusat, jika nantinya sudah ada perintah untuk perubahan data maka untuk aplikasinya diperbaharui lagi.

"Tatkala nanti secara riil sudah diberlakukan maka aplikasinya minta diupgrade. Teknis aplikasi sudah tersedia, di masing-masing daerah berdasarkan permohonan," ungkapnya.

Ditanya mengenai jumlah penganut aliran kepercayaan, Suwarta belum bisa memastikannya. Data tersebut berada di Disbud, jika nantinya akan diterapkan, maka data mengenai jumlah penganut aliran kepercayaan akan kembali diperbaharui.

Seperti data sebelumnya dari Disbud tercatat ada 11.680 penganut aliran kepercayaan. Jumlah tersebut terbagi menjadi 20 kelompok.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up