JawaPos Radar

KPU Jatim Rekrut Dua Komisioner Baru

12/07/2018, 16:28 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
KPU Jatim
Ilustrasi. (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) menambah personel jelang Pemilu 2019. Dua komisioner baru direkrut. Penambahan tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Wilayah dengan jumlah penduduk di atas 10 juta, komisioner KPU tingkat provinsi menjadi 7 orang.

KPU RI telah resmi menunjuk ketua, Sekretaris dan 3 anggota tim seleksi (timsel). Mereka akan bekerja hingga 16 Agustus mendatang untuk menentukan 4 calon komisioner yang diajukan kepada KPU RI.

"Awal Agustus, kami sudah serahkan empat nama kepada KPU RI. Selanjutnya, KPU RI akan tentukan dua nama yang dinilai layak menjadi anggota KPU Jatim tambahan," kata Sekretaris Tim Seleksi Abdul Chalik di Kantor KPU Jatim, Surabaya, Kamis (12/7).

Pendaftaran calon komisioner KPU Jatim dibuka pada 10-18 Juli 2018. Para pendaftar akan mengikuti serangkaian tes. Mulai dari tes administrasi, akademik, kesehatan dan tes wawancara.

"Kesempatan terbuka, siapa pun bisa selagi memenuhi persyaratan. Yang pasti, mereka yang tidak sekadar mencari pekerjaan. Tapi harus punya kapasitas, kapabilitas dan integritas," terangnya.

Dua komisioner yang terpilih nantinya, bertugas sampai Februari 2019. Atau hanya bekerja selama 6 bulan. Meski demikian, dua Komisioner tambahan akan dihadapkan dengan tugas yang cukup berat. Mengingat Pileg dan Pilpres digelar secara serentak.

"Dua komisioner nanti menyesuaikan dengan kerja anggota yang lama. Yaitu, hanya sampai enam bulan. Kami berharap dua orang yang nanti terpilih bisa langsung bekerja dengan anggota lainnya," harap Chalik.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up