JawaPos Radar

Pengembangan Mobil Listrik Memasuki Tahap Studi

12/07/2018, 16:00 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Pengembangan Mobil Listrik Memasuki Tahap Studi
Ilustrasi mobil listrik (DITE SURENDRA / JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah membuktikan keseriusannya mengembangkan kendaraan listrik. Saat ini, aturan terkait mobil listrik masih terus digodok.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartato mengatakan, selain menggodok kebijakan, pemerintah juga melalukan kajian pengembangan kendaraan moderen tersebut.

"Mobil listrik kan kita sedang lakukan studi baik dengan stakeholder dari segi regulasi maupun dengan perguruan tinggi," ujarnya saat ditemui di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (12/7).

Dia juga mengatakan, tahap studi yang sudah dilakukan memasuki tahap penyesuaian lingkungan. Sejumlah institusi pendidikan dirangkul dalam kajian ini.

"Studinya tentu disesuaikan dengan kondisi Indonesia jadi tentu kan semua kendaraan perlu menyesuaikan terhadap kondisi iklim, nah tentu ini yang sedang dipelajari di ITB, ITS, UGM, dan yang lain," paparnya.

Terkait regulasi, politisi Golkar ini menyebut sudah berjalan baik dengan Kementerian Perhubungan. Saat ini, pihaknya fokus menggodok aturan fiskal dari pengembangan mobil listrik.

"Regulasi yang kita perlukan di (Kementerian) perhubungan untuk laik darat sudah ada perbaikan sedang dibahas. Nah tinggal kita yang terkait dengan fisikal. Masih dibicarakan dengan Kementerian Keuangan," terangnya.

Diharapkan, seluruh kesiapan aturan maupun kajiannya bisa rampung pada tahun ini. "Insya Allah bisa dalam waktu dekat. Ya studinya selesai dulu. Nanti pada Bulan Agustus kita keluarkan dulu studinya," tutupnya. 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up