JawaPos Radar

Mengerikan! Tabung Gas 12 Kg Meledak, 11 Ruko di Grand Wijaya Rusak

12/07/2018, 12:36 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Mengerikan! Tabung Gas 12 Kg Meledak, 11 Ruko di Grand Wijaya Rusak
Polisi melakukan olah TKP di ledakan tabung gas 12 Kg. (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ledakan hebat terjadi di sebuah rumah toko (ruko), Blok F26B, Komplek Grand Wijaya, Jalan Wijaya 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis dini hari (12/7) sekitar pukul 04.20 WIB. Namun penyebabnya hanyalah sebuah tabung gas berukuran besar.

"Disebabkan karena tabung gas 12 kg yang berwarna biru mengalami kebocoran," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar di lokasi.

Tabung gas yang terletak di lantai 1 ruko tersebut katanya mengalami kebocoran cukup lama. Kemudian dipicu dengan percikan api yang kemungkinan berasal dari saklar sehingga meledak.

Mengerikan! Tabung Gas 12 Kg Meledak, 11 Ruko di Grand Wijaya Rusak
Kapolres Jakarata Selatan Kombes Indra Jafar. (DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS)

Kendati bermula dari sebuah tabung gas, namun efeknya sangatlah besar. Sebab akibat ledakan tersebut, belasan ruko mengalami kerusakan bahkan bagian depannya roboh.

"Setelah kita analisa ternyata ada sebelas ruko yang terkena kerusakan akibat ledakan itu. Di antaranya memang paling banyak adalah kaca-kaca pada dinding ruko tersebut sehingga pecah," jelas Indra.

Analisa awal yang menyebabkan ledakan cukup besar, karena lokasi tabung gas tersebut berada di tempat tertutup. Kendati demikian, Indra mengatakan bahwa tabung tersebut sendiri masih dalam keadaan utuh.

"Dilihat masih utuh ya karena kan bocor ya, keluar, dia merambah ke mana-mana. Itulah terjadi ledakan. Kalau ininya sendiri tidak pecah," bebernya.

Sejauh ini, tim dari Pusat Laboratorium Forensik tampak selesai melakukan analisis di lokasi kejadian. "Nanti yang menyimpulkan itu dari Labfor. Sementara kan dari hasil penyisiran tadi oleh teman-teman dari Jibom, terlihat memang tanda-tanda di tabung gasnya," pungkas Indra.

Sebelumnya, ledakan terjadi di Blok F26B, Komplek Grand Wijaya, Jalan Wijaya 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis dini hari (12/7) sekitar pukul 04.20 WIB. Adapun lokasi tersebur merupakan kantor Konsultan Bidang Properti, Profelindo Nusa dan Konsultan Jasa Pelayanan Publik Febriman Siregar dan rekan-rekan. (dna) 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up