JawaPos Radar

Terpuruk di India, Apple Kehilangan Tiga Eksekutifnya

15/07/2018, 20:37 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Terpuruk di India, Apple Kehilangan Tiga Eksekutifnya
CEO Apple, Tim Cook. (TechCentral)
Share this image

JawaPos.com – Nama besar Apple rupanya tak begitu berpengaruh di India. Buktinya, Apple harus rela tiga punggawa penting yang bertanggung jawab terhadap pemasaran di India hengkang. Usut punya usut, hengkangnya tiga eksekutif Apple dipicu lantaran penjualan Apple di India jeblok beberapa waktu terakhir.

Menurut Bloomberg, sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman 9to5Mac, Minggu (15/7), Apple telah kehilangan pejabat penting untuk posisi Kepala Distribusi dan Penjualan Nasional, Kepala Saluran Komersial dan Bisnis Menengah, dan Kepala Penjualan Operator Telekomunikasi. Kepergian tiga eksekutif Apple itu disinyalir sebagai akibat tim penjualan Apple India yang sedang menjalani restrukturisasi. Tidak terkait dengan buruknya penjualan Apple produk di India.

Ini bukan eksekutif pertama yang meninggalkan tim Apple India. Kembali pada Desember, Kepala Operasi Apple India meninggalkan perusahaan. Diganti oleh Michel Coulomb. Namun baru-baru ini, Kepala Operasi yang baru berdinas kurang dari tujuh bulan itu disebut lambat dalam mengembangkan hubungan bisnis dan tim penjualan telah ditinggalkan tanpa arah.

Terpuruk di India, Apple Kehilangan Tiga Eksekutifnya
Produk Apple di India. (9to5Mac)

Coulomb sempat disebut kaya pengalaman dalam hal penjualan. Namun dirinya bersama timnya disebut lambat untuk mengembangkan hubungan bisnis di pasar India yang menyebabkan Apple kurang bersinar di negeri berpenduduk mayoritas pemeluk Hindu itu.

Kesulitan lain yang dihadapi Apple yaitu memahami negara tujuan pasar dan  tim penjualan yang tidak solid. Kemudian layanan purna jual juga kurang baik. Misalnya perusahaan Apple di India tidak menanggapi pertanyaan dan keluhan penggunanya yang dikirim melalui email dengan responsif.

Apple dan CEO-nya Tim Cook pada satu titik optimis tentang peluang di India, tetapi kenyataan di lapangan berkata lain. Apple disebut hanya memiliki pangsa pasar 2 persen di India dan hanya menjual 3,2 juta iPhone di negara itu selama 2017 silam. Sementara tahun ini, Apple hanya berhasil melakukan penjualan produknya kurang dari satu juta perangkat yang mengacu pada penelitian firma riset Counterpoint.

"Penjualan iPhone India melemah pada paruh pertama tahun 2018 dan bahkan jika mereka menunjukkan lompatan besar dalam paruh kedua yang kuat, Apple masih akan gagal memperbaiki pasarnya," kata Neil Shah, seorang direktur penelitian dari Counterpoint.

Hingga berita ini ramai dibicarakan, Apple belum berkomentar tentang perjuangan dan kehilangan eksekutif penjualan utama di India.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up