Kamis, 17 Aug 2017
Humaniora

Rangkaian Acara Bulan Semarak Kemerdekaan RI dari Kemenkumham

Minggu, 13 Aug 2017 17:55 | editor : Mochamad Nur

JawaPos.com - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar acara menyambut HUT RI ke-72 dengan berbagai macam acara dan perlombaan. Rangkaian acaranya itu dinamakan "Bulan Semarak Kemerdekaan RI".

Inspektur Jenderal Kemenkumham, Aidir Amin Daud menyampaikan, kegiatan untuk memeriahkan Dirgahayu RI tahun ini akan diadakan selama Bulan Agustus. Kegiatannya pun tidak hanya diselenggarakan di Jakarta, melainkan juga di 33 kantor wilayah Kemenkumham.

"Idenya dari Sekjen Kemenkumham, surat edaran dari Menkom untuk memeriahkan acara kemerdekaan. Jadi banyak kegiatan yang kita langsungkan disini," ujar Aidir di Kantor Kemenkumham, Jalan HR Rasuna Said, Minggu (13/8).

Kegiatan yang diselenggarakan, selain lomba melukis, meliputi lomba mendesain batik, cipta lagu nasional, kebersihan dan keindahan gedung kantor, hias sepeda, pidato membaca naskah proklamasi, gerak jalan beregu, menyanyikan lagu daerah dan mengaji antarwarga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP).

Aidir menyampaikan, dari sekian banyak kegiatan, yang paling penting adalah lomba pembacaan naskah proklamasi. "Lomba pidato baca naskah proklamasi dilakukan untuk mengenang pendiri bangsa kita, Soekarno dan Mohammad Hatta, sebagaimana mereka melakukannya dulu," katanya.

Pembiayaan kegiatan tersebut, Aidir mengaku ikut memberikan sponsor bersama para petinggi Kemenkumham, termasuk untuk membelikan hadiah-hadiahnya.

"Sponsor dari rekanan, para petinggi, para inspektur (Kemenkumham) yang ada, iuran lah 2 sampai 3 juta (rupiah), kita sisihkan sedikit dari gaji kita," seru dia yang saat itu mengenakan topi dan kaca mata hitam.

(cr3/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia