Senin, 21 Aug 2017
Hukum & Kriminal

Sidang Andi Narogong, Pertarungan KPK Buktikan Keterlibatan Novanto

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)

JawaPos.com - Kasus korupsi e-KTP memulai babak baru. Besok, Senin (14/8), tersangka Andi Narogong yang disebut-sebut otak dari proyek tersebut akan menjalani persidangan.

Kata Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Aradila Caesar, itu akan menjadi langkah KPK untuk menjerat Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto yang hilang namanya dalam putusan terdakwa e-KTP Irman dan Sugiharto.

"Di sinilah kesempatan KPK untuk kemudian nama Novanto tercantum dalam fakta hukum di persidangan dalam putusan pengadilan yang nantinya akan menjadi amunisi KPK," ujarnya di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta, Minggu (13/8).

"Jadi saya rasa ini jadi babak baru pertarungan KPK, apakah ada benar-benar keterlibatan Setya Novanto," tambah Aradila.

Namun menurutnya perlu dicatat, ketiadaan nama Novanto dalam putusan Irman dan Sugiharto bukan berarti dia tidak terlibat dalam korupsi e-KTP. Karena itu, pengadilan Andi Narogong menjadi pintu masuk bagi KPK.

"Saya rasa ini menjadi pintu lain bagi KPK untuk membuktikan, menguatkan keterlibatan Setya Novanto dalam kasus korupsi e-KTP," pungkas Aradila.

Diketahui, nama Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua DPR Setya Novanto hilang dari putusan terpidana korupsi e-KTP Irman dan Sugiharto. Padahal, dalam draf tuntutan kedua terdakwa disebut korupsi bersama legislator asal NTT itu.

(dna/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia