Jumat, 18 Aug 2017
Hukum & Kriminal

ICW Yakin Banyak Fakta Lain yang Bisa Menjerat Novanto

Minggu, 13 Aug 2017 15:03 | editor : Dimas Ryandi

Ketua DPR Setya Novanto sampai saat ini masih menyandang status tersangka.

Ketua DPR Setya Novanto sampai saat ini masih menyandang status tersangka. (ist for JawaPos.com)

JawaPos.com - Hilangnya nama Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto dalam putusan terpidana korupsi e-KTP Irman dan Sugiharto bukan berarti dia terbebas dalam perkara tersebut. Menurut Peneliti ICW Aradila Caesar, KPK masih bisa mencari fakta hukum lain.

"Tidak adanya nama Novanto dalam putusan pengadilan itu bukan akhir dari segalanya. Tentu ada fakta-fakta hukum lain yang bisa digali oleh KPK. Jadi  bukan berarti Novanto tidak terlibat," tegasnya di kantor ICW, Kalibata, Jakarta, Minggu (13/8).

Nyatanya, Novanto sudah menjadi tersangka kasus yang merugikan negara hingga Rp. 2,3 triliun itu. Artinya kata Ararila, Novanto bakal memasuki proses penuntutan di dalam persidangan.

Memang, kalau ada nama Novanto dalam tuntutan Irman dan Sugiharto, bisa dijadikan tambahan amunisi bagi KPK untuk menuntutnya dalam korupsi pengadaan e-KTP itu di Pengadilan Tipikor.

"Kalau tidak ada (namanya), bukan berarti Setya Novanto tidak bisa dijerat. Ada fakta-fakta lain yang bisa dijadikan dasar KPK untuk menjerat Setya Novanto," pungkas Aradila.

(dna/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia