Senin, 21 Aug 2017
JPG Today

Jelang Idul Adha Harga Sapi Melonjak, Nih Kisarannya

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Beky Subechi/Jawa Pos)

JawaPos.com – Menjelang Idul Adha, harga sapi di tingkat peternak mengalami kenaikan cukup signifikan. Kenaikan tersebut disebabkan tingginya permintaan hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban.

Peternak sapi asal Desa Dawuhan Kecamatan Madukara, Paryoto mengatakan, menjelang Idul Adha harga sapi mengalami kenaikan sekitar Rp 3 juta per ekor.

“Kalau sekarang harga sapi yang saya pelihara berkisar antara Rp 17,5 juta sampai Rp 22 juta,” kata dia kepada Radar Banyumas (Jawa Pos Group).

Harga sapi tersebut relatif murah. Pasalnya, kata dia, untuk dijual sebagai hewan kurban, dia hanya memelihara sapi lokal yang beratnya sekitar empat kuintal.

Sebab sapi Mental atau sapi impor yang beratnya mencapai delapan kuintal, harganya terlalu mahal. Sehingga tidak terjangkau bagi sebagian besar masyarakat yang ingin memotong sapi kurban.

“Karena lakunya yang lokal. Kalau yang impor kemahalan dan jarang yang mau beli untuk kurban,” terangnya.

Dari 80 ekor sapi yang dipeliharanya, hingga kemarin sudah laku 35 ekor. “Banyak yang sudah dipesan untuk dipotong saat kurban. Tapi masih ada 45 ekor yang belum dipesan,” ungkap peternak yang mempekerjakan lima orang pekerja ini.

Sapi yang belum laku ini akan dikirim ke Jakarta. Sapi-sapi di kandangnya ini dibeli sekitar enam bulan lalu.

Dia sengaja menggemukkan sapi untuk dijual saat Idul Adha. Soal pakan, dalam sehari peternakannya menghabiskan 20 ikat jerami.

(yuz/jpg/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia