Senin, 21 Aug 2017
Health Issues

Formula Baru, Kolagen dari Ikan Tuna Bikin Kulit Indah

| editor : 

Para Pakar Kesehatan dalam Peluncuran Produk Kolagen dari Ikan Tuna

Para Pakar Kesehatan dalam Peluncuran Produk Kolagen dari Ikan Tuna (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

JawaPos.com - Tubuh manusia membutuhkan kolagen. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen di dalam tubuh semakin terkikis. Kolagen adalah protein yang menyusun tubuh manusia dan terdapat di rambut, tulang, gigi, sendi, otot dan lainnya. Kekurangan kolagen akan mempengaruhi kualitas kulit menjadi menua. Kini ada penemuan terbaru dari negeri sakura.

Para peneliti di Jepang menemukan kolagen yang berasal dari ikan tuna. Kota Shizuoka, Jepang, memiliki pelabuhan Shimizu dan Yaizu yang menjadi pusat ikan tuna. Kecanggihan teknologi yang dimiliki membuat ikan tuna dapat dimanfaatkan dengan baik.

Dari mulai kepala, tulang, kulit, dan lainnya bermanfaat. Peneliti dari Universitas Noukou Tokyo, Shimoshiba berhasil menemukan formula agar kolagen bisa menjadi kosmetik yang aman dipakai yakni dari kulit ikan tuna.

"Tentu tak sembarang tuna yang diproduksi menjadi kolagen. Agar bisa menjadi kolagen berkualitas tahapan harus dilakukan. Tuna harus tetap fresh dan disimpan di dalam suhu minus 60 derajat," jelasnya kepada wartawan dalam peluncuran Enrei, produk kolagen yang berasal dari tuna di Jakarta, Sabtu (12/8).

Karakteristik kolagen yang terbuat dari tuna mudah diserap oleh tubuh. Sebab suhu ikan tuna lebih rendah dari suhu manusia. Hal itu berbeda jika kolagen terbuat dari lemak babi atau sapi.

"Enrei itu artinya kecantikan luar dalam. Ada yang berbentuk krim, gel, dan suplemen. Tentu aman dan boleh juga digunakan oleh ibu hamil," ungkapnya.

Pakar Kecantikan dan Presiden World Council of Preventive, Regenerative dan Anti-Aging Medicine, Deby Vinski menjelaskan hampir seluruh tubuh manusia membutuh kolagen. Jika ingin hidup sehat dan bisa terlihat awet muda, cantik, lebih bercahaya, maka kebutuhan kolagen di dalam tubuh harus cukup. Kolagen juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus.

"Utk kebutuhan sehari-hari bisa digunakam dari luar atau dalam. Dan menyerap di dalam tubuh. Dari ikan tuna itu bagus sekali karena belum ada produk yang kadar kolagennya lebih dari 90 persen. Maka khasiatnya akan semakin baik," tegas Deby. (ika)

(ika/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia