Kamis, 17 Aug 2017
Teknologi

Gapura Digital Lorong untuk Kemajuan UKM

Kamis, 10 Aug 2017 16:35 | editor : Ilham Safutra

Menkominfo Rudiantara bersama pihak Google dalam peresmian Gapura Digital UKM.

Menkominfo Rudiantara bersama pihak Google dalam peresmian Gapura Digital UKM. (Istimewa)

JawaPos.com – Banyak cara untuk membuat pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) berdaya. Salah satunya melalui pelatihan. Di era digital, metode pelatihannya pun dilakukan ke arah digital. Google melakukan terobosan baru lewat Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat) Digital.

Pelatihan ini akan hadir di Pulau Bali pada akhir pekan ini. Setelah sukses hadir di enam kota di Indonesia, pelatihan Gapura Digital akan resmi dimulai di Pulau Bali pada 12 Agustus 2017 mendatang.

Program ini dijanjikan mampu mengasah kemampuan pelaku UKM Pulau Dewata dalam mengembangkan bisnisnya melalui dunia digital. Rangkaian pelatihan pada program Gapura Digital ini diberikan secara cuma-Cuma. Siapa pun dapat mendaftar di g.co/gapuradigital.

Melalui pelatihan ini, peserta akan mempelajari beragam cara untuk memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka, dengan materi-materi seperti petunjuk untuk memasarkan bisnis di YouTube, tips terkait SEO dan SEM, petunjuk untuk menggunakan produk-produk dari Google dimulai sejak bulan Mei 2017.

Rangkaian Gapura Digital tahun ini telah menjangkau setidaknya 4.570 pelaku usaha. Beragam manfaat seperti berdiskusi langsung oleh para pengajar dan kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan pebisnis lainnya bisa didapatkan melalui program ini.

Manfaat tersebut pun juga dirasakan oleh salah satu peserta Gapura Digital di Jakarta, Irena Surosoputro, yang merupakan pemilik dari Cokelatin. Dia mengatakan bahwa program ini sangat membantu pelaku bisnis seperti dirinya terkait pemasaran produk di Internet.

“Program Gapura Digital ini sangat bermanfaat bagi para pebisnis seperti saya. Pada kelas ini, saya tak hanya diajarkan bagaimana memanfaatkan digital untuk mengembangkan bisnis tetapi juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan para pengajar, pebisnis lainnya, dan juga tim dari Google,” ungkap Irena dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Kamis (10/8).

Irena pun berharap kedepannya kelas seperti ini akan terus ada untuk mendukung para pebisnis di Indonesia, guna mengenal lebih dalam mengenai pemanfaatan digital dalam pengembangan bisnis.

Pelatihan Gapura Digital ini merupakan pelatihan gratis dan terbuka untuk umum, edisi Pulau Bali akan digelar sebentar lagi. Untuk itu, diharapkan untuk para pelaku UKM di Bali bisa mendaftarkan dirinya pada program Gapura Digital dan bersiap untuk bisa mendapatkan pelatihan di Kumpul Working Space yang berada pada Rumah Sanur Lt. 2 di Jalan Danau Poso nomor 51A, Sanur, Denpasar, Bali.

(ika/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia