Minggu, 20 Aug 2017
JPG Events

Empat Kota Buka Perhelatan Honda DBL 2017

Sabtu, 22 Jul 2017 10:49 | editor : Miftakhul F.S

HEBOH: Suasana opening Honda DBL 2017 di DBL Arena, Surabaya, Jumat (21/7).

HEBOH: Suasana opening Honda DBL 2017 di DBL Arena, Surabaya, Jumat (21/7). (Dika Kawengian/Jawa Pos)

JawaPos.com- Honda Developmental Basketball League (DBL) 2017 serentak diadakan di empat kota, yaitu Surabaya, Padang, Banjarmasin, dan Makassar. Sejak kali pertama diselenggarakan pada 2004, Honda DBL tetap menjadi liga basket dengan euforia penonton spektakuler di Indonesia.

Jumat (21/7) ribuan penonton memadati opening party Honda DBL East Java Series `2017–North Region. Di DBL Arena, Surabaya, tribun terus dipenuhi pengunjung sejak open gate pukul 14.00. Betapa tidak, setiap tim yang berlaga mengerahkan lebih dari seribu suporter untuk unjuk adu chant di tribun.

Misalnya, pada laga pembuka saat skuad SMA Negeri 10 Surabaya melawan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Tentacles –sebutan suporter SMA Negeri 10 Surabaya– mengerahkan 1.200 suporter. ’’Kebetulan banget, sekarang momennya lagi penerimaan siswa baru. Jadi, sekalian aja kami manfaatin cari massa buat datang ke opening party,’’ kata Rafli Fahrezi, koordinator suporter Tentacles.

Tidak heran jika Big Ten –julukan tim basket putra SMA Negeri 10 Surabaya– mampu menyumbang poin kemenangan pertama timnya dengan skor akhir 28-23. Laga pembuka itu berjalan sengit. Smamda Sidoarjo –sebutan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo– maupun Big Ten bermain dengan prima. Sejak kuarter pertama, Big Ten memimpin pertandingan lewat eksekusi free throw dari Riza Pahlevi, sang guard.

Selain kelima laga yang menghebohkan opening party kemarin, ada beberapa penampilan hiburan seperti Takupaz Dance Crew yang membawakan dance dengan konsep optical illusion. Ada pula penampilan LZY yang mengusung konsep mapping dance. Penampilan tersebut sukses memberikan cooling down bagi penonton sebelum kembali panas.

Selain itu, ada momen spesial di atrium DBL Arena, Surabaya. Pertama, konferensi pers project film yang sedang digarap DBL Indonesia. Banyak artis muda negeri ini yang turut ambil peran di dalamnya. Mereka, antara lain, Kenny Austin, Valerie Tifanka, dan Agatha Chelsea. ’’Saat ditawarin project ini, saya langsung excited. Di film ini, saya berperan sebagai seorang anak basket,’’ ucap Kenny Austin.

Di atrium, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga melakukan soft launching untuk menandai kerja sama HPM yang terlibat penuh di seluruh kota penyelenggara, yakni di 25 kota di 22 provinsi di Indonesia. HPM merancang program khusus dengan hadiah nonton langsung NBA di Amerika Serikat (AS). Program tersebut berlaku untuk semua komunitas DBL, mulai pemain, penonton, hingga pelajar sekolah yang membeli segala jenis produk mobil Honda.

’’Kami sebenarnya berfokus menumbuhkan jiwa sportivitas pada anak muda. Walaupun promosi itu pasti, kami juga tahu bahwa anak-anak SMA mungkin belum mampu beli mobil atau produk kami. Yang penting, mereka punya semangat yang positif dan sudah kenal dengan kami melalui event ini,’’ ujar Jonfis Fandy, marketing & aftersales service director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Sebelum pertandingan antara skuad SMKN 2 Surabaya melawan SMAN 9 Surabaya, terdapat pengumuman bahwa tahun ini Ardiles dan DBL Indonesia menjalin kerja sama untuk kali pertama. Salah satu perusahaan produk sepatu asal Surabaya itu memperkenalkan produk sepatu basket yang ramah di kantong masyarakat Indonesia, khususnya bagi pelajar.

Di opening party kemarin, dua penonton beruntung yang mendapatkan lucky sheet bisa membawa pulang produk sepatu dengan tipe AZA 5 dan DBL Ardiles Fundamental. ’’Kompetisi ini punya visi dan misi untuk memasyarakatkan basket. Kami sebagai salah satu perusahaan sepatu di Indonesia membantu mewujudkan niat baik tersebut dengan memproduksi sepatu basket yang ekonomis dan sesuai kantong para pelajar,’’ jelas Robert Daud, national director Ardiles.

Tidak kalah heboh dari opening party di Surabaya, kehebohan serupa tampak di GOR Prayoga, Padang, tempat diselenggarakannya Honda DBL West Sumatera Series. Ribuan penonton yang hadir disuguhi sejumlah game seru. Salah satunya adalah laga antara SMA Kartika 1–5 Padang melawan SMAN 10 Padang. Laga ketat tersebut dimenangkan SMAN 10 Padang dengan skor akhir 20-19.

Kemeriahan perayaan sepuluh tahun Honda DBL juga menyambangi GOR Hasanuddin, Banjarmasin, lokasi penyelenggaraan Honda DBL South Kalimantan Series, dan GOR Andi Mattalatta, Makassar, sebagai venue Honda DBL South Sulawesi Series. Hingga Oktober mendatang, pesta basket pelajar itu bergulir di 25 kota di 22 provinsi di tanah air. Dari Aceh hingga Papua.

’’Sejak dulu, kompetisi ini selalu menjadi pendobrak perkembangan basket di Indonesia. Kita yang pertama membuat liga basket dengan standar yang seperti ini. Kita yang pertama mengembangkan kota-kota lain seperti Aceh dan Papua, kemudian mengembangkan ke seluruh Indonesia. Dan, kita ini ingin basket ini terus berkembang,’’ tutur Azrul Ananda, president director PT Deteksi Basket Lintas Indonesia. 

(nao/rno/c14/dhs)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia