Minggu, 23 Jul 2017
Metropolis
DESA MELANGKAH

Bersihkan Sungai Sepanjang 2 Km

Selasa, 18 Jul 2017 04:10 | editor : Suryo Eko Prasetyo

PEDULI: Camat Krian Agustin Iriani bersama forkopimka membersihkan sungai dengan menaiki perahu. (Firma Zuhdi Al Fauzi/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com – Afvoer Bader sudah lama dipenuhi sampah dan enceng gondok. Melihat itu, Camat Krian Agustin Iriani dan forum koordinasi pimpinan kecamatan (forkopimka) bersama warga melakukan kerja bakti. Kegiatan tersebut diikuti 250 warga dari 22 desa wilayah Krian, Sidoarjo, Minggu (16/7). ’’Ini dilakukan dalam rangka mendukung program sungai bebas sampah,’’ kata Agustin.

Agen lingkungan zero waste dari Krian, Prambon, Tarik, dan Balongbendo yang tergabung dalam Kelompok Peduli Lingkungan (KPL) III Zero Waste Academy (ZWA) juga turut berpartisipasi. ’’Semua turun ke sungai. Kami juga manfaatkan satu perahu untuk menyusuri bagian tengah sungai,’’ terang Hengky Ceda, koordinator KPL III ZWA.

Warga lain menyaruk sampah menggunakan gagang panjang. Ada pula yang memasukkan sampah ke truk pengangkut. ’’Kami gunakan dua truk pengangkut berukuran besar,’’ jelas Hengky. Dua truk tadi 10 kali mengambil sampah. ’’Volume sampahnya luar biasa. Sungai ini sepanjang dua kilometer,’’ tuturnya. Yang diambil bukan hanya sampah rumah tangga. Ada juga sampah perusahaan tahu di sekitar sungai dan dari peternak sapi.

Semua sampah itu diangkut ke tempat pembuangan sampah (TPS) di Desa Tropodo. ’’Nanti KPL membantu mengedukasi warga Tropodo untuk menjadikan sampah ini sebagai pupuk,’’ ujar Hengky.

(uzi/c14/ai)

Alur Cerita Berita

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia