Minggu, 23 Jul 2017
Internasional

Nenek Pemilik Warung Ini Jadi Bintang Medsos

Senin, 17 Jul 2017 18:49 | editor : Dwi Shintia

NENEK GAUL: Park Mak-rye (baju merah) bersama partisipan dalam DIA festival di Seoul kemarin.

NENEK GAUL: Park Mak-rye (baju merah) bersama partisipan dalam DIA festival di Seoul kemarin. (KIM HONG-JI/REUTERS)

JawaPos.com  – Hidup Park Mak-rye mendadak berubah 100 persen. Jika dulu orang mengenal warga itu sebagai pemilik warung nasi kimchi, kini perempuan 70 tahun tersebut menjadi bintang di media sosial. Ada 277 ribu orang yang berlangganan kanalnya di YouTube karena penasaran dengan kehidupan sehari-harinya. Semua itu terjadi gara-gara Kim Yura, sang cucu yang mengunggah video liburan mereka di Australia.

Video tersebut memperlihatkan Park yang sedang mencoba kayak, menyentuh kanguru, atau berjalan di dalam air. Rupanya, celetukan-celetukan lucu Park memikat banyak orang. Begitu menyadari sang nenek disukai jagat maya, Kim mendorong Park untuk membuat lebih banyak video. Plus, upaya tersebut diyakini bisa mencegah sang nenek terkena demensia atau hilang ingatan. Penyakit yang lazim ditemui pada mereka yang berusia lanjut.

Park ternyata juga enjoy berakting di depan kamera. Dia pun membikin tata cara make-up agar terlihat seperti nama-nama terkenal. Salah satunya mendiang Amy Winehouse. ”Dia bicara tentang hal-hal yang jarang kita diskusikan, terutama tentang perempuan,” kata Lee Taek-gwang, profesor ilmu budaya di Kyunghee University. Misalnya saja ketika dimintai komentar tentang kosmetik yang bisa bikin pemakainya terlihat lebih muda. ”Jangan pakai ini. Nanti kamu kelihatan seperti bayi,” katanya.

Perempuan 70 tahun itu mengisi acara tutorial make-up. Park dikenal sebagai bintang YouTube yang diminati warga Korsel dari berbagai lapisan usia.

Perempuan 70 tahun itu mengisi acara tutorial make-up. Park dikenal sebagai bintang YouTube yang diminati warga Korsel dari berbagai lapisan usia. (KIM HONG-JI/REUTERS)

Total, sudah ada 43 video yang diunggah Park melalui kanal yang diberinya nama Grandma's Diary. Seluruh video itu sudah ditonton lebih dari 1 juta kali. Bahkan, tidak sedikit penggemar Park yang rela datang ke warungnya di Yongin, 34 kilometer dari Seoul, demi bertemu perempuan yang tak pernah bersekolah itu dan nongkrong di warung makannya. Padahal, akses transportasi Seoul–Yongin tidak gampang.

”Kalau begini, saya bilang hidup dimulai dari usia 71 tahun,” ujar Park, lantas tertawa. Pantas saja dia berkata begitu. Sebab, berkat kepopulerannya, dia ditawari untuk menjadi bintang iklan dua perusahaan besar Korsel, yakni Samsung dan Lotte. (AP/Reuters/sha/c11/any)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia