Senin, 24 Jul 2017
JPG Today

Dubes Minati Kopi Aceh, Minta Diekspor ke Turki

Selasa, 20 Jun 2017 03:15 | editor : Ilham Safutra

Ilustrasi

Ilustrasi (pixabay.com)

JawaPos.com - Aceh, selain dikenal dengan sejarahnya juga tersohor dengan hasil alamnya. Salah satunya biji kopi Aceh. Saking nikmatnya, aroma kopi asal ujung Sumatera itu sangat diminati oleh Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Sander Gurbuz.

Dia menawarkan ke Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, agar kopi tersebut dikirim ke negaranya.  Mehmet menyebut masyarakat Turki mayoritas sangat menyukai kopi. Untuk itu, kopi Aceh bakal banyak diminati di Turki.

Di samping melihat sektor ekonomi di bidang kopi, kunjungan Mehmet Kadri Sander Gurbuz ke Balai kota Banda Aceh, Senin (19/6) juga membahas soal kerjasama lainnya dengan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal.

“Di bidang pendidikan, Turki akan membangun beberapa sekolah di Aceh serta mendatangkan guru-guru langsung dari Turki. Kita minta Pemerintah Aceh segera menyediakan lahan untuk itu,” ungkapnya seperti dilansir Rakyat Aceh (Jawa Pos Group), Selasa (20/6).

Di bidang kontruksi, Mehmet membuka peluang terjadinya kerjasama dengan Aceh dan Banda Aceh. Katanya perusahaan kontruksi Turki merupakan terbaik kedua di dunia dan bisa saja mereka hadir ke Banda Aceh.

“Kontruksi Turki terbaik kedua di dunia. Saya pikir ada banyak infrastruktur yang bisa dikerjakan seperti jalan dan fly over. Dan bisa saja mereka hadir ke Banda Aceh,” ujar Mehmet.

Di bidang pariwisata, Mehmet menyampaikan sektor pariwisata Turki merupakan terbesar ke tujuh di dunia dengan tingkat kunjungan turis 2 juta tiap tahunnya.

“Saya lihat Aceh hanya butuh sedikit sentuhan saja di sektor pariwisata, terutama manajemennya. Para investor Turki bisa saja tertarik dengan pariwisata Aceh dan mungkin saja turis Turki tertarik ke Aceh karena sejarah Aceh dan Turki yang begitu hebat,” tambahnya. (rel/mai/iil/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia