Senin, 24 Jul 2017
Humaniora

Harga Pangan Anjlok, Mentan Sepakat dengan Bulog Lakukan Ini

Senin, 19 Jun 2017 23:36 | editor : Muhammad Syadri

Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (doc Jawa Pos.com)

JawaPos.com – Harga sejumlah komoditi bahan pokok terus anjlok di daerah. Akibatnya, petani merugi. Misalnya saja harga beras, bawang merah, dan lainnya. Hal itu diakibatkan stok yang begitu melimpah.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman langsung berkoordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyelesaikan masalah ini. Hari ini, Amran sudah bertemu dengan Bulog dan sepakat menyerap produksi para petani. “Kami sudah diskusi dengan bulog tadi dan akan tingkatkan serapan produksi petani ke depan,” katanya kepada wartawan, Senin (19/6).

Untuk beras, kata Amran, satu minggu terakhir angka serapan sudah meningkat menjadi 10 ribu ton per hari. Sebelumnya hanya 5 ribu ton. “Ini sudah naik dua kali lipat hariannya. Bawang juga kami diskusi dengan Pak Dirut bulog, diskusi panjang. Ini harus serap produksi petani yang melimpah,” katanya.

Sedangkan untuk jagung, Amran berharap tidak akan melakukan impor di semester kedua. Dia meyakini stok jagung dalam negeri sudah cukup.

“Jagung mari berdoa tak ada impor. Alhamdulillah karena kami bisa mengetahui tiga bulan sebelumnya. Pantau tanaman harian, jadi kami tahu apa yang akan terjadi. Semua komoditas strategis padi, jagung, bawang, kedelai, dipantau tiap hari,” tutupnya. (cr1/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia