Sabtu, 24 Jun 2017
Sepakbola Indonesia
Liga 1 2017

PSM Perpanjang Derita Borneo di Laga Tandang

PSM Makassar 1-0 Borneo FC

Senin, 19 Jun 2017 23:16 | editor : Irawan Dwi Ismunanto

Reinaldo Elias da Costa saat berduel dengan mantan rekan setimnya, Kunihiro Yamashita.

Reinaldo Elias da Costa saat berduel dengan mantan rekan setimnya, Kunihiro Yamashita. (Twitter @Liga1Match)

JawaPos.com - PSM Makassar kembali memuncaki klasemen Liga 1 usai menaklukkan Borneo FC dengan skor 1-0 di Stadion Andi Mattalatta, Senin (19/6). Pahlawan kemenangan PSM di laga ini adalah Reinaldo Elias da Costa, yang notabene mantan pemain Borneo FC.

Bermain di hadapan ribuan pendukungnya sendiri, PSM sudah mengambil insiatif menyerang sejak awal laga. Pertandingan berumur 10 menit, PSM sudah membuka peluang melalui tendangan bebas Wiljan Pluim yang bolanya masih tipis di atas mistar gawang Borneo.

Perjuangan kedua tim untuk menampila permainan atraktif di laga ini memang sedikit terkendala lapangan yang basah akibat guyuran hujan. Namun, semangat juang para pemain PSM untuk mengejar gol tak lantas mengendur. Meski, hingga jeda pertandingan tak ada yang mampu mencetak gol.

Selepas jeda, pelatih PSM, Robert Rene Alberts coba melakukan perubahan taktik demi menambah daya gedor. M. Rahmat dan Ferdinand Sinaga masuk menggantikan Romario Rumpaisum serta M Arfan. Kehadiran keduanya membuat agresivitas serangan tim berjuluk Juku Eja ini kian meningkat.

Hasilnya, akeselerasi M. Rahmat memaksa kiper Borneo, Muhammad Ridho, melakukan pelanggaran padamenit ke-65. Wasit menunjuk titik putih sebagai ganjaran untuk tuan rumah. Reinaldo yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan peluang untuk memecah kebuntuan PSM.

Tertinggal satu gol, Pelatih Borneo, Dragan Djukanovic, coba meningkatkan daya gedor dengan memasukkan Patrich Wanggai untuk menggantikan Riswan Yusman pada menit ke-75. Tak berselang lama, Patrich hampir menyamakan kedudukan untuk Borneo. Tapi, bola sepakannya dari luar kotak penalti masih sedikit menyamping dari gawang PSM kawalan Syaiful.

Perjuangan Borneo untuk menyamakan kedudukan akhirnya tak membuahkan hasil. PSM mampu mempertahankan keunggulan 1-0 sampai wasit meniup peluit akhir pertandingan. Kemenangan membawa PSM kembali ke puncak klasemen dengan 23 poin, unggul satu angka dari Madura United.

Sementara, Borneo lagi-lagi belum mampu meraih hasil maksimal dalam laga tandangnya sepanjang Liga 1. Kekalahan membuat tim berjuluk Pesut Etam itu tertahan di posisi ke-14 dengan 14 poin.

SUSUNAN PEMAIN

PSM Makassar (4-3-3): 51-Syaiful; 33-Zulkifli Syukur, 23-Hamka Hamzah, 86-Steven Paulle, 14-Fathur Rachman; 10-Marc Klok, 15-M. Arfan (3-Ferdinand Sinaga 59'), 32-Nurhidayat Haris; 80-Willem Jan Pluim, 9-Reinaldo Elias da Costa, 95-Romario Rumpaisum (11-M. Rahmat 46')

Pelatih: Robert Rene Alberts

Borneo FC (4-2-3-1): 20-M. Ridho; 18-Ricky Akbar Ohorella, 4-Matheus Henrique, 5-Kunihiro Yamashita, 17-Abdul Rahman; 78-Riswan Yusman (27-Patrich Wanggai 75'), 11-Ponaryo Astaman; Terens Puhiri (76-Rifal Lastori 88'), 87-Flavio Beck Junior, 33-Wahyudi Hamisi (22-Sultan Samma 63'); 12-Lerby Eliandri

Pelatih: Dragan Djukanovic

(ira/JPG)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia